Kamis, 19 September 2019


Rusman Ali Minta Tunaikan Janji Politik 19 Kades Baru

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 421
Rusman Ali Minta Tunaikan Janji Politik 19 Kades Baru

LANTIK – Bupati Kubu Raya Rusman Ali saat melantik 19 kepala desa dalam Pilkades serentak Desember 2017 lalu. Acara itu digelar di Aula kantor Bupati, Rabu (24/1). (SP/Abdul)

KUBU RAYA, SP - Sebanyak 19 kepala desa hasil Pilkades serentak yang digelar Desember 2017 lalu dilantik, di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (23/1). 
Pelantikan dipimpin langsung Bupati Kubu Raya, Rusman Ali. Usai melantik, Rusman Ali memberikan sejumlah wejangan terhadap para kepala desa tersebut. 

Salah satu yang tekankan adalah para kepala desa yang baru menjabat harus melaksanakan janji-janji politiknya kepada masyarakat, sebagaimana yang disampaikan sewaktu kampanye.

"Kita diamanahkan menjadi pejabat hasil pilihan masyarakat. Sebelum dipilih banyak yang telah di janjikan. Sekarang sudah menjadi kepala desa, saya minta tunaikan janji itu kepada masyarakat," kata Rusman.

Selain itu, visi dan misi yang telah disampaikan saat bekampanye juga harus direalisasikan. Rusman menyatakan, pekerjaan kepala desa sangat berat. Oleh karena itu, diperlukan koordinasi yang baik antar perangkat mesa maupun Badan Pemusyahwaratan Desa (BPD). 

Kemudian, Rusman menyingung pencairan alokasi dana desa (ADD) yang juga harus segera dilakukan oleh setiap desa sesuai dengan aturan yang berlaku. Menurutnya, jumlahnya per desa paling sedikit yakni Rp1,6 miliar, yang dilakukan dalam tiga tahap. 

"Saya minta ADD ini agar di laksanakan dengan sebaik-baiknya untuk pembangunan yang benar-benar menyentuh masyarakat," pungkasnya.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kubu Raya, Nursyam Ibrahim pun meminta para Kades yang baru saja dilantik agar segera menyusun rencana kerja. 

"Segeralah membuat perencanaan, terutama dalam membuat BUMDes. Sekarang baru 34 desa dari 118 Desa yang punya BUMDes, artinya, ini harus dilakukan  percepatan," tutupnya. (abd/ang)