Kunjungan Kerja Pj Gubernur ke Kubu Raya

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 445

Kunjungan Kerja Pj Gubernur ke Kubu Raya
KUNJUNGAN KERJA – Penjabat Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji berjalan bersama Bupati Kubu Raya Rusman Ali saat menggelar kunjungan kerja. Ada sejumlah hal yang disorot Dodi, diantaranya pembangunan gedung Polres dan Pilkada serentak Juni mendatang. (SP/Abdu

Dodi Dorong Pembangunan Gedung Polres


Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Dodi Riyadmadji melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Kubu Raya, Kamis (25/1) siang. Ini adalah kali pertama kunjungannya setelah dilantik sebagai pengganti sementara Cornelis yang habis masa jabatannya.

SP - Dalam kunjungan kerja tersebut, Dodi pun menyoroti beberapa hal terkait kebijakan pembangunan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

Beberapa diantaranya adalah soal pembangunan gedung instansi vertikal, seperti Polres, Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri yang hingga kini belum dimiliki Pemkab Kubu Raya. 

Oleh karena itu Dodi pun mendorong agar Pemkab Kubu Raya secepatnya memikirkan pembangunan sejumlah kantor instansi vertikal tersebut, karena sudah dianggap sangat layak dan dibutuhkan daerah.

Selain itu, Dodi juga menyoroti soal penegasan batas antar daerah  yang sampai saat ini belum juga tuntas. Dia menegaskan hal itu harus segera diselesaikan. 

"Karena itu Pemkab Kubu Raya dapat menahan diri dalam pemberian izin terhadap daerah yang masih bersengketa itu," harapnya.

Kemudian, menjelang pesta demokrasi pemilihan kepala daerah pada Juni 2018 mendatang, Dodi juga mengingatkan agar aparatur sipil negara atau ASN setempat dapat bersikap netral. Kepada Bupati dia meminta agar memberikan sanksi tegas terhadap bawahan yang ketahuan terlibat politik praktis dalam Pilkada.

Dodi pun berharap masyarakat Kubu Raya semakin dewasa dalam menjalankan pesta demokrasi, dengan mengedepankan akal sehat. Menurutnya, dia ditugaskan sebagai penjabat gubernur untuk menjalankan beberapa misi. Satu diantaranya yaitu menyukseskan Pilkada. 

"Jadi, selama sembilan bulan ke depan tugas saya seperti itu. Intinya mengantarkan Kalbar ke pejabat gubernur definitif," ucapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali memaparkan profil Kubu Raya dan program yang dijalankan selama lima tahun pemerintahannya.

Kepada Penjabat Gubernur Kalbar, Rusman mengatakan, arah pembangunan Kubu Raya fokus pada pembangunan jalan poros di seluruh desa dan kecamatan.

"Saat ini jalan di Kubu Raya sudah hampir menyamai di Pontianak," katanya.

Rusman menjelaskan, Kubu Raya memiliki luas 64 kali dari kota Pontianak. Yakni, seluas 6.958 hektare dengan jumlah penduduk 601.305 jiwa. Kubu Raya adalah Kabupaten yang baru sepuluh tahun terbentuk.  

Maka dari itu, memang masih banyak pembenahan di segala bidang yang harus dilakukan. Bahkan masih banyak perkantoran yang belum terbangun. Antara lain kantor DPRD, instansi vertikal seperti Polres, Kejari, Pengadilan Negeri dan lainnya. 

"Karena itu kami mohon dukungan Pemprov untuk membenahi ini semua," tutupnya. (abdul/ang)