Panwascam Sungai Raya Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Limbung

Kubu Raya

Editor K Balasa Dibaca : 363

Panwascam Sungai Raya Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Limbung
Sosialisasi Panwascam Sungaj Raya. (ist)
KUBU RAYA, SP - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Sungaj Raya, menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif. Kegiatan ini melibatkan ketua RT dan perangkat desa di pemerintahan Desa Limbung, Rabu (14/3).

Ketua Panwascam Sungai Raya, Bambang Sudarmono, menyampaikan bahwa keterlibatan masyarakat dalam proses Pemilu sangatlah penting.

“Karena selain amanah undang-undang, yang tak kalah lebih penting adalah dengan adanya keterlibatan masyarakat dalam pengawasan Pemilu,” ujarnya kepada awak media.

Menurut dia, kesuksesan Pemilu atau Pilkada baik dalam penyelenggaraannya maupun pengawasan, bisa tercapai jika semua pihak terlibat aktif.

“Yang kita sampaikan hari ini adalah soal larangan-larangan Pemilu, salah satunya adalah politik uang dan keterlibatan kades dalam kampanye,” kata dia.

“Mengingat salah satu indikator yang menjadi indeks kerawanan Pemilu, maka Panwascam memfokuskan tentang soal politik uang dan mobilisasi ASN, kepala desa dan intimidasi terhadap penyelenggara,” terangnya.

Koodinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Panwascam Sungaj Raya, Abdul Ghoni, berharap kegiatan kali ini dapat menjadi penyemangat masyarakat untuk terlibat aktif dalam mewujudkan Pilkada berintegritas.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi pemicu bagi masyarakat Kubu Raya dalam terlibat aktif terhadap proses pengawasan Pemilukada di Kubu Raya, agar pesta demokrasi kali ini bisa berjalan aman dan damai,” harapnya.

Kepala Desa Limbung, Tajudin, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut dia, kegiatan ini sebagai bentuk tindakan dari Panwascam dalam mengikutsertakan masyarakat mewujudkan Pilkada yang damai.

“Pencegahan dan pemahaman kepada masyarakat agar sama sama saling mengawasi. Agar pelaksanaan Pemilu di lingkungan Desa Limbung bisa berjalan aman dan damai,” katanya. (umr)