Midji Serap Aspirasi Warga Tepian Sungai

Kubu Raya

Editor K Balasa Dibaca : 383

Midji Serap Aspirasi Warga Tepian Sungai
Midji berbincang dengan warga yang bermukim di pinggiran sungai. (ist)
KUBU RAYA, SP - Calon Gubernur Kalbar, Sutarmidji menuju Kayong Utara dan Ketapang, Minggu (18/3). Ketimbang naik pesawat yang lebih cepat, Sutarmidji malah pilih lewat jalur air. Ternyata, dia ingin mendengar langsung kendala masyarakat di sekitar perairan Kubu Raya.

Alhasil, rombongan singgah berkali-kali. Tak peduli gelombang yang menanti, Sutarmidji memilih bertemu dan bicara langsung dengan masyarakat. Persinggahan pertama adalah Desa Kubu, Kubu Raya. Berhenti di warung tepi sungai, Bang Midji langsung duduk dan pesan kopi.

Sebagian besar warga mengeluh soal akses jalan yang sulit. Akibatnya, saat panen, hasil kebun mereka tak terdistribusikan dengan lancar.

"Jalannya susah pak, musim panen jadi susah," celetuk satu di antara warga Desa Kubu, Marni (40).

Selain jalan, sarana pra sarana sekolah pun menjadi topik hangat pagi itu. Sutarmidji menanyakan jumlah gedung sekolah tingkat atas yang ada di desa. Warga pun menjawab hanya ada satu.

Persinggahan kedua Sutarmidji, adalah Muara Kubu, Kubu Raya. Seperti Desa Kubu, akses jalan lagi-lagi jadi keluhan. Selain masalah pendidikan dan listrik. Sementara di lokasi singgah selanjutnya, sebuah dermaga yang menghubungkan Kubu Raya dengan Kayong Utara, Desa Sungai Krawang, masyarakat ingin dermaga yang representatif.

Seorang tokoh masyarakat yang ditemui, mengungkapkan dermaga Sungai Krawang memerlukan perbaikan bahkan pembangunan sehingga layak. Setali tiga uang, Sutarmidji pun berkomitmen jika terpilih, Midji-Norsan akan membangun dermaga di Sungai Krawang tersebut.

Tak cuma urusan dermaga, masalah sertifikat tanah jadi keluhan warga. Mereka yang tinggal di sana kebanyakan warga transmigran. Perlu perhatian khusus seorang gubernur untuk menyelesaikan ini.

"Dengan begini kita jadi lebih tahu apa yang sedang dibutuhkan masyarakat saat ini, baik itu jalan, listrik, atau hal lainnya seperti dermaga. Ini bahan untuk perbaikan kita ke depan," ujar calon gubernur nomor urut 3 itu, saat akan kembali melanjutkan perjalanan. (bls)