Senin, 23 September 2019


KPU Kubu Raya Bakar 1.778 Surat Suara Pilbub dan Pilgub yang Rusak

Editor:

Indra W

    |     Pembaca: 376
KPU Kubu Raya Bakar 1.778 Surat Suara Pilbub dan Pilgub yang Rusak

KPU Kubu Raya musnahkan surat suara rusak. (SP/Abd)

KUBU RAYA, SP - KPU Kubu Raya musnahkan sebanyak 203 lembar surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya, serta 1.575 surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar yang rusak dan tidak terpakai. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar.

Pemusnahan surat suara tersebut dilakukan di halaman Kantor KPU Kubu Raya dan disaksikan oleh pihak Panwaslu dan pihak kepolisian, Senin (25/6) sore.

Ketua KPU Kubu Raya, Gustiar mengatakan, surat suara yang dimusnahkan merupakan surat suara yang rusak dan surat suara tidak terpakai. Ini dilakukan berdasarkan amanat PKPU Nomor 9 Tahun 2017.

Menurutnya, berdasarkan aturan tersebut, pemusnahan surat suara yang rusak atau tidak terpakai wajib dilakukan dengan cara dibakar, serta di saksikan oleh pihak Panwaslu dan pihak Kepolisian.

"Sesuai dengan kesepakan kami dari KPU, Panwas serta dari pihak kepolisian, maka hari ini, Senin (25/6) kami melakukan pemusnahan surat tersebut," kata Gustiar.

Gustiar berharap seluruh rangkaian Pilkada serentak dapat berjalan lancar, aman dan damai. Dia juga meminta seluruh masyarakat di Kubu Raya yang memiliki hak pilih agar menggunakan hak pilihnya pada Rabu (27/6) dengan sebaik-baiknya.

Untuk diketahui, adapun jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilbub Kubu Raya 2018 yakni sebanyak 397.925 pemilih.

"Saya mengimbau kepada warga yang sudah terdaftar di DPT agar memberikan suaranya pada hari Rabu nanti, mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Masyarakat jangan sampai golput," tukasnya (abd)