Selasa, 24 September 2019


Pemkab Bentuk Tim Percepat Pencairan Dana Desa

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 335
Pemkab Bentuk Tim Percepat Pencairan Dana Desa

Ilustrasi. (Net)

KUBU RAYA, SP - Hingga saat ini  Sebagian desa di Kubu Raya  proses pencaiaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap  satu masih terhambat. Sebagai upaya percepatan penyaluran ADD dan DD tahap satu itu, maka Pemerintah Kabupaten Kubu Raya membentuk tim untuk memetakan persoalan yang terjadi ditingkat desa.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kubu Raya, Odang Prasetyo mengungkapkan, pihaknya telah membentuk tim untuk memetakan persoalan yang menghambat desa melakukan pencairan DD dan ADD tahap satu ini. 

"Untuk melakukan upaya percepatan penyaluran DD ADD tahap 1, maka kita bentuk tim yang melibatkan Pemdes dan pihak kecamatan untuk melihat persoalannya," kata Odang di wawancarai di ruang kerjanya, Senin (2/7).

Oleh karena itu dia berharap, tim yang di bentuk untuk mapping persoalan yang menghambat desa melakukan pencairan DD dan ADD tahap satu ini bisa menyelesaikan persoalan.

"Mudah-mudahan kita bisa menyelesaikan masalah nya, sehingga pencairan DD bisa segera di tuntaskan," katanya.

Menurutnya, hingga saat ini pencairan DD dan ADD masih mencapai 50 persen. Padahal harusnya, pencairan DD dan ADD tahap satu  tersebut sudah harus lebih dari itu.Total DD dan ADD tahap satu di tahun 2018 ini, nilainya mencapai Rp135 Milyar. 

"Jumlah DD dan ADD tahun ini memang mengalami peningkatan dari tahun lalau,"pungkasnya.

Sebelumnya, Kepada Dinas Sosial dan Pemerdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kubu Raya Nursyam Ibrahim mengaku kesal kepada sejumlah desa yang abai memenyerahkan syarat pencairan dana desa. 

“Sampai sekarang baru 50 persen yang sudah melakukan pencaira,” kata Nursyam Ibrahim

Nursyam mengungkapkan, 50 persen desa yang belum melakukan pencairan karena belum menyerahkan persyaratan administrasi yang meliputi RKPDes dan APBdes. (abd/jek)