Gandi Sebut Kabupaten Kubu Raya Surplus Beras

Kubu Raya

Editor Indra W Dibaca : 477

Gandi Sebut Kabupaten Kubu Raya Surplus Beras
Ilustrasi. (Net)
KUBU RAYA, SP - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya, Gandhi Satyagraha mengklaim bahwa Kubu Raya saat ini mengalami surplus beras.

Bahkan surplus beras di Kubu Raya mencapai 23.257.000 kilogram. Dengan demikian Kubu Raya menjadi penyumbang kebutuhan beras untuk Kalbar dengan kisaran 23.257 ton beras. 

"Kita (Kubu Raya) saat ini merupakan penghasil beras terbesar kedua di Kalimantan Barat," kata Gandhi saat 
menggelar Gerakan Tanam Padi Musim Gadu 2018 secara serentak kemarin.

Gerakan Tanam Padi Musim Gadu 2018 secara serentak tersebut untuk mendukung percepatan luas tambah tanam (LTT) dan upaya khusus (upsus) peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai (pajale).

Gandhi menyebut, kegiatan tanam serentak penting untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dan pangan dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik. 

Menurutnya, subsektor tanaman pangan sangat berperan untuk pemantapan ketahanan pangan. Selain itu subsektor tanaman pangan juga punya andil besar terhadap pembukaan kesempatan kerja, peningkatan sumber pendapatan, dan penggerak perekonomian regional dan nasional.

"Kemudian subsektor tanaman pangan juga menjadi faktor penarik bagi pertumbuhan industri hulu, dan pendorong pertumbuhan industri hilir yang berkontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi nasional," katanya.

Karena itu, Gandi pun menilai perlunya peningkatan koordinasi dan sinkronisasi program antar-instansi, mulai dari tingkat pusat hingga daerah, untuk meningkatkan pembangunan agribisnis tanaman pangan. (abd)