Sabtu, 21 September 2019


Tabrak Kapal Tongkang, KM Selamet Sejahtera Karam di Perairan Kubu

Editor:

Indra W

    |     Pembaca: 819
Tabrak Kapal Tongkang, KM Selamet Sejahtera Karam di Perairan Kubu

Kondisi KM Selamet Sejahtera setelah bertabrakan dengan kapal tongkang di Perairan Kubu. (Ist)

KUBU RAYA, SP - Kapal Motor (KM) Selamet Sejahtera yang berlayar dari Pelabuhan Rasau menuju Seponti, tenggelam di Perairan Kubu setelah bertabrakan dengan kapal tongkang Sumber Melati 7 yang ditarik oleh Tug Boat, Selasa (14/8).

"Kejadianya tadi siang sekitar pukul 12.45 WIB," kata Kapolsek Kubu, Iptu Salahudin, Selasa (14/8).

Menurutnya, kapal motor yang tenggelam tersebut membawa penumpang sebanyak 26 orang dan lima orang ABK. Selain itu, ada pula sembilan unit sepeda motor serta sembako yang turut dimuat.

"Motor KM Selamet Sejahtera ini, dari arah Rasau Jaya menuju Seponti yang dikemudikan oleh saudara M Romli," ucapnya.

Salahudin mengatakan, peristiwa kecelakaan air yang menyebabkan KM Selamet Sejahtera tenggelam yakni diduga karena kelalaian sang nahkoda.

"Pada saat Take Boat yang menarik tongkang Sumber Melati 7 menikung ke kiri, tongkang pun menepi ke sebelah kanan. Dan dari arah yang berlawanan datang KM Selamat Sejahtera. Karena jaraknya terlalu dekat, tongkang tersebut pun menabrak KM Selamet Sejahtera," kata Salahudin.

Beruntung, kejadian iini tak menelan korban jiwa. lima orang ABK dan 26 orang penumpang, serta sembilan motor dan sejumlah sembako muatan KM Selamet Sejahtera berhasil dievakuasi.

"Untuk penumpang dan ABK semuanya selamat. Tidak ada yang terluka. Mereka dievakuasi menggunakan Take Boat dan KM Bintang Fortuna ke Dermaga Motor Air Kubu. Untuk barang sebagian ada yang tenggelam. Untuk kerugian material belum bisa ditakasir," ungkapnya.

Dia menambahkan, saat ini kasus kecelakaan air tersebut sudah dilimpahkan ke Pol Air Polda Kalbar untuk proses pengusutan lebih lanjut. (abd)