Bantuan Sosial untuk Penyandang Disabilitas di Kubu Raya Minim

Kubu Raya

Editor Indra W Dibaca : 196

Bantuan Sosial untuk Penyandang Disabilitas di Kubu Raya Minim
Ilustrasi. (Net)
KUBU RAYA, SP - Bantuan sosial dari Kementrian Sosial untuk penyandang disabilitas di Kubu Raya sangat minim. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kubu Raya, Nursyam Ibrahim mengungkapkan, dari 696 jumlah difabel yang ada, hanya 13 orang di antaranya yang mendapat bantuan.

"Bantuan dari Kemensos untuk Difabel di Kubu Raya memang sangat kecil. Hanya 13 orang saja yang di anggarkan," kata Nursyam Ibrahim, belum lama ini.

Menurutnya, bantuan yang diterima oleh 13 orang penyandang difabel tersebut yakni berupa uang tunai sebesar Rp300 ribu per bulan. Namun penyaluranya dilakukan per tiga bulan sekali.

Nursyam mengakau sudah beberapa kali mengajukan bantuan tersebut ke Kementrian Sosial agar diperbanyak penerimanya. Tetapi, permohonan tersebut hingga saat ini tak kunjung dikabulkan.

"Tahun ini kita juga kembali mengusulkan agar penerimanya ditambah. Sampai saat ini kita belum tahu apakah usulan kita diterima atau tidak. Kami masih menunggu konfirmasi dari pusat," katanya.

Sementara, bantuan sosial bagi kaum difabel dari Pemerintah Daerah Kubu Raya, Nursayam mengaku, Pemda memang tidak pernah menanggarkan bantuan sosial secara khusus untuk kaum difabel.

Sebab kata dia, bantuan khusus untuk penyandang cacat atau difabel memang selama ini programya diakomodir oleh pemerintah pusat melalui kemetrian terkait.

"Jadi, kalau bantuan difabel dari APBD memang tidak dianggarkan. Karena bantuan sosial ini harus melalui hibah dan ini prosesnya rumit. Dan memang bantuan untuk difabel ini kan ada sudah dari APBN melalui Kemensos. Tetapi jumlah penerimanya itu sedikit. Tidak merata," tutupnya.

Sekretaris Komisi 1 DPRD Kubu Raya, Zainal Abidin menyayangkan sikap pemerintah yang seolah mengesampingkan bantuan untuk kaum difabel. Padahal kata dia, mestinya kaum difabel ini harus mendapatkan perhatian khusus dan lebih dari pemerintah.

Politisi dari partai PKB ini pun berharap, ke depan pemerintah daerah terus mendorong pemerintah pusat agar bantuan kaum difabel di Kubu Raya bisa diperbanyak. Sehingga semuanya merasakan bantuan tersebut.

"Mestinya bantuan sosial untuk penyandang difabel ini diberikan sesuai kebutuhan daerah. Tidak boleh tebang pilih. Kita berharap kaum difabel yang belum dapat program bantuan sosial tersebut agar diusahakan oleh Pemda melalui dinas terkait," pungkasnya. (abd)