Kamis, 12 Desember 2019


Progres Pembangunan Fisik RS Kubu Raya Capai 30 Persen

Editor:

Indra W

    |     Pembaca: 269
Progres Pembangunan Fisik RS Kubu Raya Capai 30 Persen

Maket Gedung Rumah Sakit Kubu Raya tipe D Pratama. (Ist)

KUBU RAYA, SP -  Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani mengatakan, pembangunan Rumah Sakit Tipe D Pratama Kubu Raya yang dibangun di Rasau Jaya, berjalan dengan baik. 

Menurutnya, pembangunan fisik gedung rumah sakit kini sudah mencapai 30 persen. Ia pun menegaskan akan mengawasi secara ketat proses pembangunan rumah sakit tersebut supaya dilaksanakan sesuai dengan perencanaan.

"Alhamdulilah, sampai saat ini progres pembangunan rumah sakit perkembangannya cukup baik. Pengerjaan fisik gedung, secara total kini sudah berjalan sekitar 30 persen," kata Berli Hamdani, belum lama ini.

Berli mengaku, waktu yang diberikan dalam pelaksanaan pembangunan memang relatif pendek. Kendati begitu ia meyakini, pembangunan akan selesai sesuai dengat tenggat waktu sebagaimana yang sudah ditargetkan. 

"Tentu untuk mencapai target, maka perlu kerjasama semua pihak agar pelaksanaan pembangunan rumah sakit ini berjalan lancar. Dan  sebulan pertama pengerjaan fisik, sudah berjalan dengan baik," katanya. 

"Kita targetkan pertengahan atau akhir Desember bisa dioperasikan, kalau kondisi pembangunan sudah mencapai 90 persen," tambahnya.

Mengenai  kesiapan alat kesehatan, Berli mengatakan, hal tersebut tidak ada kendala. Sebab, pemerintah juga sudah menyiapkan anggaran untuk pengadaannya. 

"Untuk logistik seperti obat-obatan, kebutuhan selama 1,5 tahun, itu telah siap. Begitu pula dengan alat kesehatan juga sudah ada dalam satu paket," tutupnya. 

Untuk diketahui, RS Kubu Raya yang kini tengah dibangun oleh pemerintah daerah, bertipe Rumah Sakit tipe D Pratama. Kapasitas tempat tidur rawat inap di RS Kubu Raya tersebut bisa menampung sekitar 50 tempat tidur.

Dinas Kesehatan Kubu Raya pun kini sudah menyiapkan empat tenaga dokter spesialis untuk bertugas di RS Kubu Raya nantinya. Ke empat tenaga dokter spesialis tersebut terdiri doktet spesialis anak, spesialis bidan, spesialis bedah dan spesialis penyakit dalam.

Di rumah sakit Kubu Raya juga nanatinya akan dilengkapi fasilitas, rongsen, USG, kamar operasi, kamar bersalin, ICU dan Kamar Mayat.

Untuk pembangunan fisik RS Kubu Raya menelan anggaran sebesar Rp20 miliar bersumber dari APBN. Sementara untuk pengadaan alat kesehatan (Alkes) dan sarana penunjang lainnya dianggarkan sebesar Rp18 miliar. (abd)