Tingkatkan Peran Perempuan Dalam Pembangunan, Desa Nipah Panjang Dicanangkan Sebagai Pelaksana Program P2WKSS

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 270

Tingkatkan Peran Perempuan Dalam Pembangunan, Desa Nipah Panjang Dicanangkan Sebagai Pelaksana Program P2WKSS
TRACK EKOWISATA - Bupati Rusman Ali meresmika track ekowisata mangrove di Desa Nipah Panjang Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya. Desa Nipah Panjang dicanangkan sebagai lokasi pelaksanaan program terpadu P2WKS KKR tahun 2018. (Dok Humas KKR)
Desa Nipah Panjang, Kecamatan Batu Ampar, dicanangkan sebagai lokasi pelaksanaan program terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Kabupaten Kubu Raya tahun 2018. 

SP - Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus menyebutkan P2WKSS sebagai salah satu upaya pemberdayaan perempuan oleh pemerintah bersama masyarakat melalui peningkatan peran perempuan dalam pembangunan. 

Ia menegaskan, pogram P2WKSS merupakan langkah konkret pemerintah dalam membantu peranan perempuan di pedesaan. Tujuannya tak lain, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta kualitas hidup perempuan. 

"Muaranya nanti pada peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan di masyarakat,” kata Hermanus, Kamis (30/8) saat membuka kegiatan pencanangan Program P2WKSS di halaman SD 21 Batu Ampar Desa Nipah Panjang.

Hermanus mengatakan, keberhasilan pelaksanan program P2WKSS sangat bergantung pada dukungan sinergitas seluruh sektor terkait. Karena itu, seluruh unsur pelaksana program mulai instansi di level kabupaten, kecamatan, desa, ormas dan kewanitaan, serta seluruh masyarakat harus bekerja sama secara intensif sesuai bidang tugas masing-masing.

“Kerja sama lintas sektor pun tidak akan berhasil optimal jika tidak dilandasi semangat gotong royong. Gotong royong ini, bukan hanya slogan. Namun harus diwujudkan dalam suatu tindakan nyata,” pesanya.

Camat Batu Ampar, Junaedi mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang menetapkan wilayahnya sebagai lokasi pelaksanaan program terpadu P2WKSS Kabupaten Kubu Raya. 

Ia menyatakan, Desa Nipah Panjang sangat siap menjadi lokasi binaan P2WKSS. Sebab kata dia, pada Desa Nipah Panjang pun telah menunjukkan progres status perkembangan desa yang pesat. 

“Nipah Panjang ini adalah desa agrobisnis dan desa pariwisata yang telah naik status dari desa tertinggal menjadi desa berkembang,"ungkapnya.

Ia menambahkan, Desa Nipah Panjang juga merupakan desa yang konsisten dalam penganggaran di bidang pemberdayaan dan pembinaan masyarakat. Termasuk pembinaan perempuan, PKK, dan anak-anak.

“Jadi desa ini konsisten. Status desa berkembang ini berdasarkan data dari Kementerian Desa menurut data Indeks Desa Membangun. SOP-nya jelas Kementerian yang mengeluarkan. Oleh karena itu, Sangat tepat lah bagi saya, Desa Nipah Panjang ini dicanangkan untuk program P2WKSS," pungkasnya. (abdul halikurrahman/jek)