Disdik Kubu Raya Tak Wajibkan Vaksinasi MR di Sekolah

Kubu Raya

Editor Jindan Dibaca : 239

Disdik Kubu Raya Tak Wajibkan Vaksinasi MR di Sekolah
KUBU RAYA, SP - Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, Syarif Muhammad Firdaus Alqadri mengatakan,  Dinas Pendidikan Kubu Raya tidak mewajibkan setiap sekolah melaksanakan imunisasi Measles dan Rubella (MR). 

"Memang, saat ini ada beberapa sekolah yang telah melaksanakan vaksin MR. Tetapi, bagi orang tua yang menolak anaknya di vaksin, maka tidak boleh dipaksa. Dan bagi yang mau silahkan saja," katanya, Senin (3/9). 

Menurutnya, dinas pendidikan saat ini bersikap netral terkait dengan pro kontra soal vaksinasi MR tersebut. Artinya, dalam sisi program, tentu imunisasi MR ini, sangat baik untuk mencegah penyakit. 

Tetapi, di lain sisi, MUI telah menyatakan vaksin tersebut mengandung babi, meski MUI kemudian mengeluarkan fatwa vaksin tersebut boleh dilakukan karena alasan kedaruratan, namun jika ada orang tua siswa yang tetap menolak vaksin tersebut karena alasan ketidak halalannya, maka tentu sikap orang yang menolak ini harus dihargai. 

"Jadi, secara program, ini baik untuk mencegah penyakit. Tetapi sekolah tidak diwajibkan melaksanakan nya,"ucapnya. 

Firdaus menambahkan, berdasarkan hasil uji laboratorium yang telah dilakukan oleh MUI, bahwa memang, kandungan vaksin MR tersebut telah dinyatakan tidak halal, karena mengandung unsur babi. 


Karena itu Menurut Firdaus, untuk kemasalahatan umat, maka sebaikya pemerintah pusat segera mengganti vaksin MR tersebut dengan vaksin yang telah dijamin kehalalanya. (abd)