Selasa, 17 September 2019


Kubu Raya Komitmen Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa

Editor:

Jindan

    |     Pembaca: 249
Kubu Raya Komitmen Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa

Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus saat memberikan paparan, Rabu (5/9). (SP/Giat)

KUBU RAYA, SP -Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus mengatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berkomitmen melakukan upaya penguatan dan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa. Dimana anggaran besar menjadi peluang besar pula bagi desa untuk membangun kesejahteraan masyarakat.

 “Dengan anggaran besar ini harus mampu kita gunakan dengan sebaik-baiknya. Bukan menjadi peluang untuk di korupsi. Bagaimana dana ini adalah dari negara, bukan pribadi. Maka kepala desa harus mampu pertanggungjawabkan anggaran ini. Serupiah pun harus betul-betul diarahkan untuk pembangunan,” kata Hermanus saat menghadiri Diseminasi Hasil Kajian Systemic Review yang digelar Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat di Hotel Ibis, Pontianak, Rabu (5/9).

Hermanus mengatakan aparatur pemerintahan desa harus memahami berbagai peraturan terkait penggunaan dana desa. Meskipun terdapat cukup banyak aturan yang harus dipahami. Mulai dari undang-undang, peraturan pemerintah, Peraturan Menteri Dalam Negeri, hingga Peraturan Menteri Desa PDTT.

Begitu juga ia meminta aparatur desa terus mengikuti perkembangan yang ada.

 “Pemerintah Kabupaten Kubu Raya selalu berupaya jangan sampai dana yang besar ini kemudian disalahgunakan. Tapi betul-betul juga kita juga dorong kepada sumber daya aparatur yang ada di desa untuk semakin paham dan meningkatkan kompetensi serta kapasitas mereka sehingga tidak salah lagi dalam melaksanakan berbagai program kegiatan,” tutur Hermanus. (iat)