Dana Insentif RT di Kubu Raya Terbentur Aturan

Kubu Raya

Editor Jindan Dibaca : 445

Dana Insentif RT di Kubu Raya Terbentur Aturan
ilustrasi
KUBU RAYA, SP - Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, Bambang Ganefo mengatakan sebetulnya dana insentif untuk RT itu sudah diatur dalam peraturan daerah sejak tahun 2012.

Hanya saja Perda tersebut dalam waktu dekat akan dilakukan revisi, berhubung dasar hukum itu ada yang baru. Terkait dengan UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa. 

"Dana insentif untuk RT sudah diatur didalam Perda Kabupaten Kuburaya Nomor 3 Tahun 2012. Tapi perda terbut nantinya akan direvisi," jelasnya, Minggu (9/9). 

Dia menuturkan tahap Revisi tentang RT/RW tersebut akan pihaknya ajukan kepada Pemda. Kemudian nantinya akan dibahas di dalam pansus yang akan dibentuk oleh DPRD. 

Bambang memastikan pada saat Pansus revisi Perda tersebut bekerja, nantinya akan meminta masukan dari Forum RT dalam rangka menampung aspirasi para ketua RT/RW. 

"Kita meminta masukan dari pihak terkait, seperti Forum RT ini apa yang kira-kira yang perlu dimasukan di dalam Perda itu sendiri," jelasnya. 

Hanya saja dirinya mengatakan Perda tersebut tidak mengatur besar atau kecilnya nominal insentif. Dimana terkait peningkatan Isentif tersebut tergantung dari kebijakan pemerintah itu sendiri. 

"Besar, kecilnya isentif itu  tergantung kepada kebijakan bupati yang akan tertuang didalam Perbub dan besarnya itu tergantung dengan terkait ADD," jelasnya. 

Dimana ADD itu juga akan tergantung pada bagaimana penerimaan pajak daerah, distribusi daerah maupun dana perimbangan pusat dan sebagainya. 

"Kalau misalnya hal tersebut dapat meningkatkan ADD, maka otomatis itu akan meningkat," tuturnya. 

Pihaknya tidak mempunyai wewenang untuk mengatur terkait besaran insentif ketua RT tersebut. Pihaknya hanya membuat dasar hukum Perda sesuai dengan UU, Peraturan daerah dan sebagainya. 

"Insentif RT ini didalam ADD, ADD bisa besar kalau pajak daerah besar dan sebagainya besar. Kami hanya mengupayakan melalui aturan saja, tidak membahas nilainya," tutupnya. (iat)