Pokja Rumah Demokrasi Sambut Baik Sinergi Bawaslu dan Parpol

Kubu Raya

Editor Angga Haksoro Dibaca : 204

Pokja Rumah Demokrasi Sambut Baik Sinergi Bawaslu dan Parpol
Kubu Raya, SP - Ketua Umum Pokja Rumah Demokrasi, Zainudin Kismit menilai sinergi KPU, Bawaslu dan partai politik dalam penyelenggaraan pemilu, dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan demokrasi Indonesia.  

Kehadiran Bawaslu sebagai narasumber di acara parpol akan memberikan dampak baik yang signifikan. Parpol maupun calon legislatif dapat mengetahui berbagai hal yang wajib mereka ketahui sebagai peserta pemilu.  

“Bawaslu dapat memberikan pemhaman kepada seluruh kader parpol terkait isu krusial demokrasi dan batasan-batasan dalam pemilu, seperti aturan kampanye, bahaya money politik, dan isu SARA,” kata Zainudin.  

Hal ini menurut Zainudin merupakan proses perbaikan demokrasi. Dinamika politik seharusnya memberikan efek positif untuk kondisi demokrasi itu sendiri, bukan malah sebaliknya.  

Proses perbaikan itu kata Zainudin tepat jika dimulai dari internal parpol sebagai salah satu lembaga yang juga bertanggung jawab menjaga keberlangsungan demokrasi dan politik.   

“Sehingga kader parpol menyadari tanggung jawab, peran, dan fungsinya dalam mewujudkan cita-cita demokrasi,” jelasnya.  

Dia berharap Bawaslu juga memberikan pandangan terkait pentingnya peran parpol dalam demokrasi. “Semoga hadirnya penyelenggara di tengah-tengah forum parpol bukan sekedar formalitas dan program kerja, tetapi dapat di tularkan secara masif ke seluruh komponen partai,” kata Zainudin. (iat)