Kontrol Kampanye, KPU-Bawaslu Adakan Rapat Evaluasi Tiap Bulan

Kubu Raya

Editor Angga Haksoro Dibaca : 465

Kontrol Kampanye, KPU-Bawaslu Adakan Rapat Evaluasi Tiap Bulan
Kubu Raya, SP -  Memasuki hari ke 62 pelaksanaan kampanye Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kubu Raya melaksanakan rapat evaluasi pelaksanaan kampanye. Kegiatan ini bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kubu Raya. 

Evaluasi ini dilakukan sebagai bentuk kontrol penyelenggaraan kampanye dari tanggal 23 September sampai 24 November 2018. Rapat evaluasi digelar di Sekretariat KPU Kubu Raya, Jalan Adi Sucipto, Sui Raya, Sabtu (24/11).

Evaluasi dilaksanakan terkait aturan pemasangan alat peraga kampanye dan bahan kampanye peserta Pemilu 2019. Hadir dalam evaluasi ini, perwakilan partai politik peserta pemilu, perwakilan calon anggota DPD, Kesbangpol, dan Satpol PP Kabupaten Kubu Raya.

Ketua KPUD Kubu Raya, Musa mengatakan evaluasi selama 62 hari pelaksanaan kampanye pemilu 2019 ini dilakukan sebagai langkah koordinasi untuk melakukan perbaikan serta penyempurnaan pelaksanaan pemilu. Sehingga tidak ada pelanggaran yang dilakukan peserta pemilu.

Selanjutnya Musa menyampaikan, mengacu pada anggaran KPU agenda seperti ini memang tidak ada dan juga tidak diagendakan. Namun KPUD Kubu Raya mengambil inisiatif untuk melakukan agenda ini karena dianggap cukup penting dan berdampak kepada pelaksanaan tahapan pemilu.  

“Evaluasi ini menjadi penting karena ada beberapa poin di dalam Peraturan KPU dan Peraturan Bawaslu yang memang harus disampaikan secara bersamaan kepada peserta pemilu sehingga pemahamannya sama,” kata Musa.  

Musa berharap dalam pelaksanaan evaluasi ini seluruh komponen yang terlibat dapat menyatukan persepsi tentang aturan. Baik itu dari pelaksana, pengawas, peserta, dan pemerintah. “Agenda ini akan kita lakukan rutin setiap satu bulan sekali selama masa kampanye,” kata Ketua KPUD Kubu Raya.

Komisioner Bawaslu Kubu Raya, Qomaruzzaman menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mengawasi Pelaksanaan Pemilu agar berjalan sesuai aturan. “Apabila ada yang tidak sesuai aturan kita akan tegur hingga penindakan,” ujar Qomaruzzaman.

Sampai hari ini menurut Qomaruzzaman, Bawaslu Kabupaten Kubu Raya masih menemukan pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye. Masih ada beberapa APK yang dipasang di pohon-pohon, masjid, dan stiker yang ditempel di tiang.  

“Temuan pelanggaran lain juga ada namun belum bisa kami sampaikan karena masih dalam proses di Bawaslu,” katanya.  

Qomaruzzaman meyakinkan setelah proses penyelidikan selesai, hasil dari temuan Bawaslu akan diumumkan kepada masyarakat.  

Dia berharap rapat evaluasi ini menjadi ruang mediasi dan koordinasi antara KPU, Bawaslu, dan peserta Pemilu 2019.Terutama terkait pelaksanaan kampanye Pemilu 2019. (din)