Atasi Karhutla, Pemkab Bentuk Masyarakat Peduli Api

Kubu Raya

Editor Angga Haksoro Dibaca : 228

Atasi Karhutla, Pemkab Bentuk Masyarakat Peduli Api
Kubu Raya, SP - Dalam rangka mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Kubu Raya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bekerja sama dengan Badan Penanggung Bencana Daerah (BPBD) Kubu Raya membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA).   

Pembentukan MPA diprioritaskan di dua desa yaitu Desa Punggur dan Rasau Jaya Umum. Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus mengatakan dibutuhkan sinergisitas semua pihak untuk mengatasi persoalan Karhutla.  

“Kita berharap MPA mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Saat ini kita bentuk untuk dua desa, dengan rata-rata satu kelompok 24 orang,” kata Hermanus setelah membuka Acara Pembentukan MPA di Hotel Dangau, Kubu Raya, Senin (26/11).  

Nantinya para anggota MPA juga akan diberikan pelatihan dan peralatan untuk mencegah maupun bertindak memadamkan kebakaran. Pembentukan dan pelatihan MPA sudah dilakukan.   

“Ada berapa kegiatan lain yang juga dalam konteks, bagaimana kita melakukan pencegahan dan penangganan karhutla di Kubu Raya. Kita juga lakukan patroli bersama dengan pihak terkait,” jelasnya.   

Pihaknya juga melakukan pengadaan sarana dan prasarana. Dana pengadaan sarana bersumber dari APBD. “Supaya bisa semakin memperkuat dalam upaya kita melakukan pencegahan dan penanganan karhutla. Harapan kami dari tahun ke tahun kebakaran dapat kita minimalisasi,” kata Hermanus.  

Menurut dia Alokasi Dana Desa (ADD) juga dapat digunakan untuk menanggulangi bencana, termasuk kebakaran hutan dan lahan. Desa-desa juga memiliki kewajiban mendukung kegiatan terkait karhutla.   

“Itu tergantung masing-masing desa. Tapi ini kan skala kecil. Tentu ADD itu banyak juga dilakukan untuk yang lain. Paling tidak ini sebagai bentuk komitmen bersama termasuk Pemda sebagai langkah pencegahan dan penanggulangan karhutla.” (Iat)