Kodam XII Tanjungpura Kirim 100 Prajurit untuk Mengajar di Sekolah Perbatasan

Kubu Raya

Editor Admin Dibaca : 183

Kodam XII Tanjungpura Kirim 100 Prajurit untuk Mengajar di Sekolah Perbatasan
Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi
KUBU RAYA, SP - Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi membuka acara pembekalan tenaga pengajar di perbatasan, kemari..

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Kalbar, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar, Kasdam XII/Tpr, Danrem 121/Abw, Kepala Perwakilan Kementerian Pertahanan, Kepala Dinas Pendidikan Pontianak serta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya.

Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi dalam sambutannya meminta kepada  semua komponen yang ada di Kalimantan Barat untuk sama-sama berpikir memajukan pendidikan di Kalbar demi mengejar ketertinggalan dan sejajar dengan provinsi lain yang sudah lebih maju dalam bidang pendidikan. 

"Kita harus punya semangat untuk itu dengan upaya untuk mewujudkan pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan guna menjamin ketersediaan infrastruktur di daerah kemudian meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)," ujarnya

Pangdam menyebut untuk tahap awal ini Kodam XII TPR akan mengirimkan 100 orang personel guna membantu mengatasi kekurangan tenaga pengajar di wilayah-wilayah perbatasan Kalbar dengan negara tetangga Malaysia. 

“Kita sudah punya sekolah-sekolah diperbatasan yang kekurangan guru sehingga nanti tinggal masuk ke daerahnya sampai dengan ada kesiapan dari pemerintah daerah setempat, dan ini saya laporkan ke komando atas untuk dijadikan model operasi pendidikan diperbatasan dan daerah terpencil," ujarnya.

Pangdam menilai keterbatasan akses pendidikan bagi anak-anak perbatasan tentu bukan keinginan anak-anak tersebut. Namun mereka sudah sejak lahir ada disana, ini yang menurutnya harus menjadi perhatian semua pihak termasuk TNI. (nak)