Pengawas Pemilu Desa Diminta Miliki SIM-P

Kubu Raya

Editor Admin Dibaca : 246

Pengawas Pemilu Desa Diminta Miliki SIM-P
Bimbingan teknis pengawas Pemilu desa
KUBU RAYA, SP - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Sungai Raya Kubu Raya menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Pengawas Pemilu Desa (PPD)
Kecamatan Sungai Raya, di Aulan UnMart, Jalan Adi Sucipto, kemarin.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kubu Raya, Urai Juliansyah yang turut hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa tugas sebagai pengawas  haruslah memiliki semangat dalam melakukan pengawasan di lapangan. 

"Kita harus memiliki semangat SIM-P yaitu solidaritas, integritas, mentalitas dan profesionalitas," ujar Urai 

Menurutnya jika seorang pengawas sudah memiliki empat semangat itu di dalam dirinya maka dengan sendirinya tubuh pengawasan akan menjadi kuat. 

"Karena empat hal inilah yang bisa membuat kuat, karena itu seorang pengawas harus memilikinya," pinta Urai 

Sementara itu, Ketua Panwascam Sungai Raya, Bambang Sudarmono dalam sambutan menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas PPD dalam melakukan kerja kerja pengawasan.  

Selain itu Bambang juga mengingatkan agar dalam proses rekrutmen PTPS yang sedang berlangsung bisa berjalan secara terbuka dan profesional. Hal ini penting kata Bambang guna menghindari adanya peluang orang yang tidak semestinya menjadi PTPS bisa lolos akibatnya dikhawatirkan kerja yang bersangkutan nanti menjadi tidak profesional. 

"Jangan sampai dalam melakukan sleksi PTPS Kita kecolongan ada yang terekrut dari saksi parpol atau sebagai tim sukses.  Itu tidak bisa kita tolerir.  Akan kita diskualifikasi langsung," tegasnya 

Bambang juga meminta segenap lapisan masyarakat untuk turut serta mengawasi jalannya rekrutmen ini sehingga apabila ada yang tidak sesuai kriteria bisa langsung dilaporkan. 

"Jika ada jajaran kami bermain main soal rekrutmen PTPS segera di laporkan kekita.  Bahkan saya sendiri wajib di awasi ke netralitasan saya dalam melakukan pengawasan," pungkasnya. (nak)