Menangkap Peluang Ekonomis Sektor Kelautan

Kubu Raya

Editor elgiants Dibaca : 84

Menangkap Peluang Ekonomis Sektor Kelautan
SERAHKAN BANTUAN – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyerahkan kepada Kelompok Masyarakat Pusat Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat Pesisir Kabupaten Kubu Raya, Selasa (9/4).
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menerima kunjungan kerja Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan bersama Tim Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang dipimpin Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Brahmantya Satya Murti di Aula Stasiun Pengawasan SDKP Pontianak di Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Selasa (9/4).

Kunjungan kerja dilakukan terkait kegiatan Penyebarluasan Informasi Konservasi di Kalimantan Barat. Brahmantya Satya Murti menyatakan komitmen Kementerian KKP untuk terus memberikan pemahaman kepada masyarakat Kalimantan Barat agar mampu memaksimalkan sumber daya laut yang ada. 

Menurut dia, isu konservasi saat ini menjadi persoalan global sehingga perlu dilakukan percepatan dan optimalisasi pengelolaan sumber daya yang ada di Indonesia.

"Isu konservasi dewasa ini telah menjadi perhatian global sekaligus menjadi isu strategis di berbagai negara tidak terkecuali di Indonesia. Dengan potensi sumber daya yang berlimpah, Indonesia dituntut mampu mengelola sumber daya kelautan dan perikanan secara efektif dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya. 

Bramantya mengatakan konservasi sumber daya laut dapat diartikan sebagai upaya perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan sumber daya termasuk ekosistem, jenis, dan genetik. Hal itu guna menjamin keberadaan, ketersediaan, dan kesinambungannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai dan keanekaragaman sumber daya yang ada. 

Saat ini, ujarnya, keamanan laut menjadi perhatian dari Kementerian KKP. Termasuk wilayah kelautan yang ada di Kalimantan Barat dan Kabupaten Kubu Raya khususnya. 

"Melalui pertemuan ini kita mencoba mencari berbagai informasi terkait hal apa saja yang dibutuhkan masyarakat sekaligus mensosialisasikan mengenai konservasi tersebut," tuturnya.

Brahmantya meminta, nelayan dan masyarakat yang tinggal di pesisir untuk menjaga kelestarian laut sebagai sebagai kekayaan masa depan bangsa. Upaya menjaga kelestarian tersebut, menurutnya, membutuhkan sinergi dari semua pihak. Tanpa partisipasi masyarakat, program menjaga kelestarian laut tidak akan berjalan baik. 

“Hal ini jelas sangat diperlukan untuk mewujudkan kelestarian alam dan laut yang berkelanjutan agar bisa juga dinikmati oleh anak-cucu kita," katanya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan mengatakan pihaknya sangat peduli pada isu konservasi hewan laut. Ia mengungkapkan harapan agar konservasi yang ada mampu menjaga kelestarian habitat laut, namun tidak menghilangkan hak-hak masyarakat atas laut. 

“Diperlukan kesamaan persepsi antara aturan yang diberlakukan dengan kebutuhan masyarakat di lapangan, agar terjadi tolak-balik antara keseimbangan alam dengan mendorong kesejahteraan masyarakat,” terangnya. 

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyebutkan, strategisnya Kubu Raya sebagai pintu gerbang Kalimantan Barat baik dari jalur udara, darat, dan laut. Kubu Raya, terangnya, memiliki tiga muara yakni Kubu, Teluk Kapuas, dan Sungai Kakap sebagai pintu masuk Kalbar melalui perairan. Hal itu menunjukkan bahwa potensi kelautan yang ada di Kubu Raya cukup besar untuk terus dikembangkan. 

"Saya sependapat dengan Pak Daniel agar kita bisa melestarikan lingkungan namun tidak mengesampingkan hak dan kebutuhan masyarakat. Pemkab Kubu Raya berharap agar kita bisa tetap mengedepankan hak masyarakat dengan tetap menjaga sumber alam ini," paparnya. 

Menurut Muda, melalui pemerintah desa pihaknya akan melakukan penguatan kepada masyarakat. Karena berbagai keputusan yang ada di pemerintah desa akan mempengaruhi tatanan sosial budaya dan kearifan lokal di tingkat desa. 

"Kubu Raya berharap banyak bisa menangkap berbagai peluang yang ada baik dari pemerintah pusat maupun dari sektor swasta untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita khususnya di bidang kelautan ini," tambahnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan sejumlah bantuan dari pemerintah untuk Kelompok Masyarakat Pusat Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat Pesisir Kabupaten Kubu Raya. 

Selain itu juga dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama Siap Mewujudkan Perlindungan dan Pelestarian Jenis Biota Laut yang Dilindungi dan Terancam Punah di Wilayah Kalimantan Barat. (jaka iswara/bah)