Peringatan HUT ke 101 Desa Teluk Pakedai

Kubu Raya

Editor elgiants Dibaca : 83

Peringatan HUT ke 101 Desa Teluk Pakedai
SAPRAHAN – Masyarakat saprahan atau makan bersama saat Peringatan HUT ke 101 Desa Teluk Pakedai, Kamis (11/4).
Pemerintah Desa Teluk Pakedai 1 atau lebih dikenal dengan Desa Sungai Pulau, Kecamatan Teluk Pakedai menyelenggarkan ulang tahun desa yang ke 101, Kamis (11/4).

Peringatan ulang tahun Desa Teluk Pakedai diawali dengan ritual tolak bala dan makan bersama atau dikenal dengan  saprahan. Setelah itu juga diadakan berbagai kegiatan lainnya, seperti lomba sampan robin dan pengecekan kesehatan gratis oleh petugas kesehatan dari Pusat Kesehatan masyarakat (Puskesmas) Teluk Pakedai.

Kades Teluk Pakedai, Edi mengatakan, dengan  memperingati ulang tahun Desa Teluk Pakedai 1 ini yang ke 101 yang dirangkai dengan peringatan hari seni budaya ritual tolak bala kampung, bertujuan meningkatkan tali silaturahmi antar sesama.

"Melalui ulang tahun desa ini kita harapkan pula para pemuda ikut andil melestarikan dan menggelorakan adat budaya, karena selama ini yang perduli terhadap adat dan budaya hanya orang-orang tua saja," kata Edi.   

Selain itu, melalui kegiatan in juga diharapkan ke depannya, baik itu pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten bisa turut membantu pembangunan dan pengembangan seni dan budaya di tiap desa.

"Untuk menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan seni budaya, kita selalu menggunakan Dana Desa atau Alokasi Dana Desa," katanya.

Ia mengatakan, kegaiatan ulang tahun desa yang dirangkai dengan kegiatan seni budaya ini, juga menampilkan berbagai hiburan, mengingat lokasi desa ini cukup jauh dari perkotaan, sehingga masyarakat setempat juga mendambakan adanya hiburan rakyat.

"Pada acara ulang tahun Desa Teluk Pakedai ini, kita selenggarakan berbagai perlombaan, dan kita juga mengadakan senam sehat bersama, agar masyarakat juga tahu menjaga kesehatan itu bukan hanya dari obat saja," terangnya. 

Dokter Umum di Puskesmas Teluk Pakedai, Edo Putra mengatakan, pemeriksaan gratis yang dilakukan pihaknya merupakan tahap pemeriksaan awal bagi masyarakat yang tidak terdeteksi di Puskesmas, sehingga pihaknya dapat mengetahui risiko penyakit tidak menular pada masyarakat yang ada di wilayah kerja Puskesmas Teluk Pakedai

"Selain itu, kami juga melakukan pemeriksaan kesehetan keliling, yang merupakan realisasi dari regulasi yang baru yang dikeluarkan oleh Pemkab Kubu Raya berupa Perbub tentang pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat," katanya.  

Kepala Puskesmas Teluk Pakedai, Abdullah Asrafi Hasibuan mengatakan, ke depannya pihaknya juga berkomitmen, semakin sering melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap masyarakat dengan turun langsung ke lapangann dan semakin mengintensifkan pemeriksaan melalui Posyandu Balita dan Posyandu Lansia. 

"Melalui program ini kami harapkan minat masyarakat untuk memeriksakan kesehatan jauh lebih tinggi, agar pemetaan penyakit juga jauh lebih baik dari sebelumnya," ujarnya. (jaka iswara/bah)