Supadio Open Base Berlangsung Semarak

Kubu Raya

Editor Admin Dibaca : 120

Supadio Open Base Berlangsung Semarak
KUBU RAYA, SP - Supadio Open Base 2019, yang diselenggarakan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Supadio Pontianak, Minggu (28/4), berlangsung semarak. Ratusan masyarakat dari Kabupaten Kubu Raya, Kota Pontianak, dan beberapa Kabupaten sekitar, tumpah ruah.

Kegiatan yang berlangsung di Main Apron Lanud Supadio tersebut, menampilkan berbagai atraksi dan perlombaan. Dari atraksi kedirgantaraan, panggung hiburan, perlombaan, dan pameran Alutsista, benar-benar menjadi perhatian pengunjung.

Event yang diselenggarakan dalam rangka puncak Bulan Dirgantara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 TNI AU tersebut, di awali dengan Colour Run. Olahraga lari sekalian hiburan ini, diikuti oleh pelari-pelari profesional dan masyarakat.

Kemudian ada pula Lomba Burung Berkicau dengan tema "Danlanud Cup 2019". Selain itu, ada Lomba Mewarnai untuk anak-anak TK dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Usai lomba-lomba tersebut, masyarakat pun larut dalam berbagai hiburan di panggung utama.

"Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemanunggalan TNI AU, bersama masyarakat. Dan kita bersyukur, acara ini berlangsung semarak," kata Danlanud SUpadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Palito Sitorus.

Danlanud mengapresiasi kerja sama semua pihak, akan suksesnya pelaksanaan Supadio Open Base 2019. Menurutnya, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, maka masyarakat Kalbar secara umum, bisa semakin mengenal dan dekat dengan Lanud Supadio.

Perwira Tinggi TNI AU alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) 1990 ini menyakinkan masyarakat, bahwa keberadaan Lanud Supadio dengan semua Alutsistanya, siap mengamankan BUmi khatulistiwa setiap saat. Posisi yang sangat strategis, karena berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia dan Laut China Selatan, akan jadi support dalam menjaga kedaulatan udara NKRI.

"Mari bersama-sama kita terus bersinergi dalam upaya menjaga kedaulatan negara. Lanud Supadio selalu siap sedia 24 jam, dengan menyiapkan personel Skadron Udara 1 bersama pesawat Tempur Hawk 100/200," tuturnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Alfert Denny D Tuejeh, Dandim 1207/BS, Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan, Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, dan berbagai undangan. Masyarakat disuguhkan dengan flypass satu flight Pesawat Tempur hawk 100/200. Kemudian ada Terjun Payung dari Prajurit Paskhas dan Atlet Fasida Kalbar. 

Ada pula static show Alutsista Skadron Udara 1 Elang Khatulistiwa, Batalyon Komando (Yonko) 465 Paskhas, dan Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 473 Paskhas. Acara hiburan, dengan penampilan DJ Lady Panda, Sexi Dancer dan Skadron I Band.

Salah satu kegiatan yang ramai adalah Lomba Burung Berkicau Danlanud Cup. Menurut Ketua Panitia, Letkol Adm Hendri Yusup Kelana, telah dilaksanakan kedua kalinya, yaitu yang pertama pada 2015.

"Kegiatan ini bertujuan membina para pecinta burung berkicau, dan akan terus kita support," paparnya.

Ia berharap pada kegiatan ini, para peserta dapat berlombasecara sportifitas, tidak ada otot-ototan untuk meraih juara. Karena, tujuan penyelanggaraannya adalah untuk pembinaan, sehingga ke depannnya para pecinta burung ini semakin baik dan semakin membawa nama Kalbar secara Nasional.

Selain dari Danlanud Cup ini, pihaknya berencana mengadakan perlombaan burung berkicau se Indonesia dengan merangkul berbagai komunitas burung berkicau di Kalbar. Pihaknya sudah berkomunikasi dengan Dinas Kehutanan, terkait burung berkicau yang masuk kategori dilindungi untuk dipelihara dan untuk dilombakan. 

"Hasilnya ada kelonggaran bagi para penggemar burung berkicau, yakni selama burung itu dapat diternak atau dibudidayakan dengan baik, maka tidak akan menjadi persoalan. Yang penting kita melapor kepada yang berwenang," pungkas Letkol Adm Hendri. (jek/mul)