Selasa, 17 September 2019


Danlanud Ingatkan Makna Hari Kebangkitan Nasional kepada Jajaran saat Upacara Peringatan Harkitnas ke-111

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 112
Danlanud Ingatkan Makna Hari Kebangkitan Nasional kepada Jajaran saat Upacara Peringatan Harkitnas ke-111

Danlanud Supadio membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, dalam Upacara Bendera Peringatan Harkitnas ke-111, di Main Apron Hanggar Lama Lanud Supadio, Senin (20/05/2019).

KUBU RAYA, SP - Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Palito Sitorus, S.IP., MM, mengingatkan tentang makna Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Menurut Danlanud “BANGKIT UNTUK BERSATU” dan "KEBANGKITAN UNTUK PERSATUAN".

Pernyataan tersebut disampaikan Danlanud Supadio, tatkala membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, dalam Upacara Bendera Peringatan Harkitnas ke-111, di Main Apron Hanggar Lama Lanud Supadio, Senin (20/05/2019).

Selaku Inspektur Upacara (Irup), Danlanud Supodio memimpin upacara dengan penuh khidmat. Diikuti oleh seluruh anggota Lanud Supadio, Skadron Udara 1, Skadron Udara 51, Batalyon Komando (Yonko) 465 Brajamusti Paskhas , Denhanud 473 Kuntawijayandanu Paskhas, baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan, atas kemajemukan bangsa, yang ditandai dengan berdirinya organisasi BoediOetomo. Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkat bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia," kata Danlanud Supadio.

"Kita membuktikan, bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini. Oleh sebab itu, tak diragukan lagi, bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia," lanjut Marsma TNI Palito.  

Danlanud selanjutnya mengajak untuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang untuk bekerja, serta menjaga agar suasana selalu kondusif, penuh harmoni dan persatuan.

Dengan bertumpu pada kekuatan jumlah Sumber Daya Manusia dan populasi pasar, Indonesia diproyeksikan akan segera menjemput harkat dan martabat baru, dalam arus ekonomi dunia.Bersama negara-negara besar lainnya, seperti Tiongkok, Amerika Serikat, dan India, ekonomi Indonesia akan tumbuh menjadi 10 bahkan lima besar dunia.

"Dalam 10-30 tahun mendatang, Kuncinya terletak pada hasrat kitau ntuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang untuk bekerja.  Kita harus jaga agar suasana selalu kondusif, penuh harmoni dan persatuan," tegasnya.

Sementara dalm arahan kepada segenap anggota dan prajurit, Danlanud menekankan beberapa hal, yang berkaitan dengan tugas TNI dalam menyikapi, perkembangan situasi saat ini, khususnya jelang pengumuman KPU, tentang hasil Pilpres 2019. 

"Untuk tidak terlibat dalam aksi demonstrasi, apalagi memfasilitasi sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan tersebut. TNI AU, khususnya Lanud Supadio tetap netral," papar Danlanud.

Usai upacara peringatan Harkitnas ke-111, Danlanud tak lupa memberikan bingkisan Lebaran berupa paket Sembako kepada seluruh anggota Lanud Supadio. 

"Dengan harapan semoga di Hari Raya Idul Fitri Tahun 1440 H / 2019 M, seluruh anggota bisa berkumpul bersama keluarga dalam suasana penuh kemenangan," pungkas Marsma TNI Palito. (mul/*)