Rabu, 13 November 2019


Kodam XII/Tpr Peringati Hari Lahir Pancasila, Kakundam Baca Amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 172
Kodam XII/Tpr Peringati Hari Lahir Pancasila, Kakundam Baca Amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Herman Asaribab, yang diwakili Kakumdam XII/Tpr, Kolonel Chk Harri Farid Zauhari, S.H., memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila Tahun 2019.

KUBU RAYA, SP - Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Herman Asaribab, yang diwakili Kakumdam XII/Tpr, Kolonel Chk Harri Farid Zauhari, S.H., memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila Tahun 2019.  

Kegiatan tersebut terpusat di Lapangan Apel Markas Kodam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang, Sungai Raya, Kubu Raya, Sabtu (1/6/2019). Upacara diikuti oleh Prajurit dan PNS Kodam XII/Tpr Garnizun Pontianak.  

Kakumdam XII/Tpr, Kolonel Chk Harri Farid Zauhari, S.H., saat membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia disampaikan, bahwa Pancasila mampu menyatukan kita sebagai satu bangsa dan hidup dalam NKRI.  

Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia.  

“Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan, berkat Pancasila yang berlandaskan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah," katanya.  

Peringatan hari kelahiran Pancasila tak bisa dipisahkan dari perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.  

“Jadi tiga peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," lanjutnya.  

Dikatakan Kakumdam XII/Tpr, semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.  

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarkat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila," jelasnya.  

Selain itu, ia juga menambahkan, bahwa upacara peringatan hari kelahiran Pancasila ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  

Menurutnya, TNI bersama rakyat Indonesia, menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada para founding fathers atas warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila yang kita nikmati saat ini.  

”Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika, kita harus bersatu dalam upaya untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan anak bangsa yang selalu menjaga persatuan dan kesatuan," pungkasnya (mul/*)