Kamis, 19 September 2019


Muda Salurkan Bantuan Stimulan Bencana

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 90
Muda Salurkan Bantuan Stimulan Bencana

CEK MUSALA - Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengecek Musala Al-Lukman dan berbicara dengan pengurus musala itu saat meninjau lokasi terdampak bencana angin kencang di Perumnas V, Kecamatan Sungai Ambawang, Rabu (14/8).

KUBU RAYA, SP - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memberikan bantuan stimulan kepada korban bencana angin putting beliung untuk memperbaiki rumah di Kecamatan Sungai Ambawang, Rabu (14/8). 

Diketahui, pada Selasa (13/8) sore sejumlah kawasan di Kabupaten Kubu Raya dilanda angin puting beliung yang datang bersamaan hujan deras. Sejumlagh bangunan rumah, toko dan fasilitas publik porak-poranda diterjang puting beliung. 

"Kita akan mendata terlebih dahulu jumlah rumah yang mengalami kerusakan. KTP dan KK-nya nanti akan dikumpulkan dan akan dilihat satu per satu, mengingat kerusakannya berbeda-beda. Kita akan memberikan bantuan stimulan untuk rumah warga yang terkena musibah," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan saat meninjau lokasi terdampak bencana angin kencang di Perumnas V, Kecamatan Sungai Ambawang. 

Berdasarkan pantauan langsung dirinya ke lapangan, diketahui mayoritas kerusakan ada pada atap rumah warga yang terbang terbawa angin.

"Khusus untuk kerusakan di Musala Al-Lukman dan Posyandu Anggrek, saya sudah minta langsung agar hari ini segera diperbaiki atapnya karena ini rumah ibadah dan fasilitas umum, tentunya lebih darurat untuk secepatnya diperbaiki", katanya.

Terkait rumah warga yang rusak, sambil menunggu perbaikan dari warga yang dibantu aparat kepolisian, akan diberikan bantuan berupa material bangunan yang sudah didata melalui dinas sosial. Sifatnya berbentuk partisipasi dari Pemkab Kubu Raya.

"Untuk bantuannya memang lebih baik dalam bantuk barang, namun jika memang sudah terlambat akan diberikan bantuan berupa uang. Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada korban jiwa dari warga yang terdampak terjangan angin puting beliung ini. Semua akan kita bantu melalui anggaran stimulan tanggap darurat," katanya.

Di Jalan Mendalam, Dusun 2 Perumnas 4 Desa Ampera Raya puluhan anggota Polri dari Sabhara Polda Kalbar juga ikut membantu membereskan sisa reruntuhan rumah warga, Posyandu Anggrek dan Musala Al-Lukman yang atapnya disapu angin puting beliung.

Sementara itu, seorang warga Perumnas IV yang sebagian atapnya melayang disapu angin puting beliung, Ngatiman mengatakan jumlah rumah yang mengalami kerusakan akibat musibah ini sekitar 200 rumah yang tersebar di tiga komplek perumahan di Desa Ampera Raya ini di antaranya Perumnas IV, Komplek Arafah Residence dan Komplek Mega Mas.

"Selain merusak puluhan rumah warga, angin puting beliung ini juga merusak fasilitas pendidikan SMA Negeri 1 dan SMP Negeri 3 Sungai Ambawang," katanya. (ant/bah)