Selasa, 15 Oktober 2019


Upacara Peringatan HUT ke-74 TNI di Kalbar Berlangsung Khidmat, Pangdam XII/Tpr Siap Tingkatkan Sinergisitas

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 45
Upacara Peringatan HUT ke-74 TNI di Kalbar Berlangsung Khidmat, Pangdam XII/Tpr Siap Tingkatkan Sinergisitas

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memeriksa pasukan pada Upcara Peringatan HUT ke-74 TNI di Lapangan Perkasa Makodam XII/Tpr, Sabtu (5/10/2019)

KUBU RAYA, SP - Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, menyatakan bahwa dalam melaksanakan tugas pokoknya, TNI harus bahu-membahu dan bersinergi dengan berbagai komponen bangsa lainnya.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Pangdam XII/Tpr, saat memimpin upacara dalam rangka puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2019, Sabtu (5/10/2019).

Upacara peringatan hari jadi ke-74 TNI Tahun 2019 ini, dipusatkan di lapangan Perkasa Makodam XII/Tpr. Diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS TNI dari satuan TNI di wilayah Kalimantan Barat. Dengan tema,”TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”.

Saat membacakan amanat Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, mengucapkan ”Selamat Ulang Tahun ke-74” dan “Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI di manapun saat ini bertugas dan berada, beserta seluruh keluarga besar TNI.

“Sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia yang telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru ini, harus terus diantisipasi oleh seluruh anggota TNI,” tutur Pangdam XII/Tpr.

Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, lanjutnya, juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang. Berbagai kekuatan yang bersatu itu, akan menghasilkan energi yang luar biasa bagi kemajuan bangsa.

"Hal ini telah menjadikan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas

dalam suatu batas teritorial dan masuk ke berbagai dimensi," kata Mayjen TNI Muhammad Nur.

Sebagai contoh, papar Pangdam XII/Tpr, ada perang siber yang disertai perang informasi. Walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Konsep-konsep inipun mengaburkan filosofi perang konvensional dengan menggeser dimensi waktu, karena perang-perang tersebut terjadi di masa damai.

“Ditambah lagi potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat. Ancaman militer dan non militer berubah dan TNI harus siap

Menghadapinya,” sambungnya.

Menghadapi kompleksitas ancaman di atas, diperlukan Postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara

Kepulauan.

Acara puncak peringatan HUT ke-74 TNI di Makodam XII/Tpr ini, dimeriahkan dengan tarian kolosal dari gabungan para prajurit Kodam XII/Tpr serta Persit. Diakhir acara juga dilaksanakan defile dari pasukan peserta upacara.

Dalam kesempatan sebelumnya, Pangdam XII/Tpr, menyematkan Satya Lencana Kesetiaan XXXII Tahun kepada Letkol Inf Ilyanto dari Kodam XII/Tpr. Satya Lencana Kesetiaan XXIV Tahun disematkan kepada Letda Laut PM F Simanjuntak Lantamal XII Pontianbak, serta Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun kepada Serma Agus Nurdiansyah dari Lanud Supadio.

Usai upacara Parade di Lapangan Perkasa Makodam, Keluarga Besar TNI di Kalimantan Barat menggelar acara syukuran, bertempat di Aula Makodam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang, Sungai Raya, Kubu Raya.

Acara syukuran dalam rangka hari jadi TNI yang ke-74 ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad yang selanjutnya diberikan kepada Letkol Inf Ilyanto, Letda Laut PM F Simanjuntak dan Serma Agus Nurdiansyah.

Selain itu juga ditandai dengan peniupan lilin dan pemotongan kue ulang tahun oleh Pangdam XII/Tpr, Danlanud Supadio dan Danlantamal XII/Pontianak didampingi Ketua Persit KCK PD XII/Tpr, Ketua Jalasenastri Korcab XII DJA I Lantamal XII/Pontianak, Ketua PIA Ardhya Garini Cab. 18/D.I Lanud Supadio.

Selanjutnya kue tersebut diberikan oleh Gubernur Kalbar dan Kapolda Kalbar kepada Pangdam XII/Tpr.

Dalam acara tersebut Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad juga memberikan tali asih kepada orangtua prajurit Kodam XII/Tpr, Bapak Muslih, yang merupakan orangtua dari Prada Aris, yang saat ini melaksanakan pembinaan dan tradisi di Makodam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad saat memberikan sambutan mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah dimanapun saat ini berada dan bertugas, beserta seluruh keluarga besar TNI.

"Melalui acara syukuran kali ini kiranya dapat dijadikan sebagai sumber kekuatan dan motivasi bagi prajurit TNI yang ada di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah untuk memperkuat komitmen dan tekad dalam pelaksanaan tugas-tugas ke depan," harapnya.

Pangdam XII/Tpr juga menyampaikan bahwa pada rangkaian kegiatan HUT Ke-74 TNI telah digelar berbagai kegiatan, baik kegiatan olahraga, bakti sosial dan kegiatan karya bakti yang dilaksanakan di wilayah Kalbar dan Kalteng. Juga telah dilaksanakannya kegiatan Parade Cinta Nusantara di Mabrigif 19/Khatulistiwa.

Upacara dan syukuran serta ramah tamah tersebut dihadiri Gubernur Provinsi Kalbar, H. Sutarmidji, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Alfred Denny D. Tuejeh, Danlantamal XII/Pontianak, Laksma Agus Hariadi, Danlanud Supadio, Marsma TNI Palito Sitorus, Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, unsur Forkopimda Kalbar, Ketua Persit KCK PD XII/Tpr, Ketua Jalasenastri Korcab XII DJA I Lantamal XII/Pontianak, Ketua PIA Ardhya Garini Cab. 18/D.I Lanud Supadio. (*)