Selasa, 15 Oktober 2019


RSAU dr Mohammad Sutomo Lanud Supadio Gelar Baksos Pelayanan KB

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 53
RSAU dr Mohammad Sutomo Lanud Supadio Gelar Baksos Pelayanan KB

Foto bersama Forkopimda Kubu Raya bersama Kadislog Lanud Supadio dan Karumki RSAU dr Mohamamd Sutomo, usai pembukaan Baksos Kemitraan Pelayanan KB

KUBU RAYA, SP - Rumah Sakit TNI Angkatan Udara (RSAU) dr Mohammad Sutomo Lanud Supadio, kembali menggelar Bakti Sosial (Baksos). Kali ini berupa Baksos Kemitraan Pelayanan Keluarga Berencana (KB).

Baksos kemitraan ini diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT ke-74 TNI Tahun 2019, sekaligus dirangkaikan dengan peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia. Kegiatan yang bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Kalbar, berlangsung di RSAU Mohammad Sutomo Lanud Supadio, Jalan KH Abdurrahman Wahid, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya, Rabu (9/10/2019).

Baksos Kemitraan Pelayanan KB ini dibuka oleh Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, SE sdan diikuti ratusan masyarakat umum, yang menerima pelayanan Program KB secara gratis tanpa dipungut biaya. Hadir pula Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Kusmana dan Forkopimda Kabupaten Kubu Raya.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) dr Mohammad Sutomo Letkol Kes dr Muslimin disela kegiatan mengatakan, kegiatan ini terlaksana atas kerja sama TNI dengan BKKBN perwakilan provinsi Kalimantan Barat. Selain memperingati dua hari jadi, Baksos ini merupakan cara RSAU dr Mohammad Sutomo terus menjalankan fungsi sebagai pelayan masyarakat.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, maka masyarakat sekitar mendapatkan pelayanan KB terbaik,” kata Karumkit.

Sementara itu, Komandan Lanud (Danlanud) Supadio Marsma TNI Palito Sitorus, yang diwakili oleh Kepala Dinas Logistik (Kadislog), Kolonel Tek Arief Rahman Hidayat berharap Baksos kemitraan pelayanan KB ini mampu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

“Terutama dalam rangka menyukseskan program KB di Kabupaten Kubu Raya. Melalui Baksos Kemitraan RSAU dr Mohammad Sutomo Lanud Supadio dan BKKBN Perwakilan Kalbar, menjadi bakti nyata sinergisitas instansi pemerintah,” papar Danlanud.

Selain RSAU dr Mohammad Sutomo dan BKKBN Perwakilan Kalbar,Baksos Kemitraan kali ini juga melibatkan, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Kubu dan Tim Penggerak PKK Kubu Raya.

Wabup KKR, Sujiwo bersama Forkopimda yang langsung memantau pelayanan KB pada masyarakat, mengapresiasi adanya Baksos Kemitraan ini. Ia bangga saat melihat sejumlah masyarakat berbaring di atas tempat tidur, sementara tenaga medis melakukan pemasangan alat kontrasepsi yaitu implan.

“Baksos Kemitraan memberikan layanan kesehatan dan keluarga berencana secara gratis. Layanan KB sangat penting, untuk menciptakan ketahan keluarga dan generasi yang berkualitas,” kata Sujiwo.

Sujiwo juga memuji kerja sama yang terus ditingkatkan Pemkab Kubu Raya dengan berbagai pihak, termasuk Lanud Supadio. Menurutnya, pemerintah dan Lanud Supadio, terus menyatukan diri dalam rangka mendukung program keluarga berencana.

“Kita lakukan sosialisasi berkaitan dengan keluarga berencana, karena pentingnya keluarga yang terencana maka semua pihak harus bergandengan tangan," tuturnya. (mul)