Rabu, 11 Desember 2019


Dankor Apresiasi Satgas Pamrahwan Yonko 465 Paskhas

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 202
Dankor Apresiasi Satgas Pamrahwan Yonko 465 Paskhas

Dankorpaskhas, Marsda TNI Eris Widodo (kanan) menyalami Danyonko 465 Paskhas Brahjamusti, Letkol PAs Jhoni Immanuel, saat menyambut kedatangan Satgas Pamrahwan Papua di main Apron Lanud Supadio, Rabu (13/11/2109)

KUBU RAYA, SP - Komandan Korp Pasukan Khas (Dankorpaskhas) TNI AU, Marsekal Muda (Marsda) TNI Eris Widodo, mengapresiasi Satuan Tugas Pengamanan Bandara di Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Batalyon Komando (Yonko) 465 Paskhas Brajamusti Lanud Supadio.

Apresiasi tersebut disampaikan Marsda TNI Eris, saat menyambut kepulangan Satgas, di Main Apron Lanud Supadio, Rabu (13/11/2019). Satgas Pamrahwan yang tiba kembali di Bumi Khatulistiwa, setelah bertugas selama setahun di Papua.

“Selamat kembali ke Mako Yonko 465 Paskhas Brajamusti. Selamat dan sukses telah melaksanakan tugas dengan baik. Keberhasilan ini tentunya jadi catatan prestasi tersendiri seluruh anggota Satgas,” kata Dankorpaskhas.

Keberhasilna tersebut, lanjut Marsda TNI Eris, adalah kebanggaan satuan, sehingga harus ditingkatkan ke depannya. Menjaga kondisi terbaik dalam bertugas, lanjut Dankorpaskhas, termasuk saat sudah kembali ke satuan, merupakan ciri khas prajurit Komando.

Marsda TNI Eris menjelaskan, prajurit Yonko 465 Paskhas, harus berbangga karena mendapat kepercayaan dari Pimpinan TNI, bangsa dan negara, untuk melaksanakan tugas operasi pengamanan Bandara di daerah rawan Papua.

Kepercayaan tersebut, lanjut Dankorpaskhas, merupakan kehormatan dan tugas mulia untuk dipertanggungjawabkan serta dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Penugasan ke daerah operasi bagi seorang prajurit, merupakan wujud nyata pengabdian kepada negara dan bangsa, serta suatu tugas kehormatan yang dipercayakan kepadanya.

“Sebagai patriot dan bhayangkari negara, tugas operasi merupakan tuntutan tugas di atas segala-galanya, hal ini dilaksanakan demi tetap tegaknya kedaulatan wilayah NKRI. Dan Satgas Yonko 465 Paskhas Brajamusti, telah melaksannya dengan sangat baik,” paparnya.

Satgas Pamrahwan Papua Yonko 465 Paskhas Brajamusti, dipimpin langsung oleh Danyonko, Letkol Pas Jhoni Imamnuel L. Sang komandan memimpin 120 prajurit dengan kualifikasi Komando tersebut. Mereka berangkat ke Papua pada Sabtu, 17 November 2018. Saat itu, dilepas oleh Danlanud Supadio, yang masih dijabat oleh Marsma TNI Minggit Tribowo.

Menurut Letkol Pas Jhony, selama bertugas di Papua, ia dan pasukannya bisa menjalankan tugas dengan baik. Hal ini berkat adanya kerja sama dengan semua pihak, baik anggota Satgas, pemerintah daerah, dan seluruh masyarakat Papua.

“Puji syukur, kami kembali dengan sehat walafiat. Semua anggota Satgas dalam keadaan baik, tidak kurang suatu apapun. Terima kasih atas semua doa dan kerja sama dari prajurit Lanud Supadio, masyarakat Kota Pontianak dan Kalbar secara umum,” ujarnya.

Lekol Pas Jhoni juga mengapresiasi seluruh anggotanya yang telah melaksanakan tugas dengan sangat baik. Ia menjelaskan, bahwa setahun bertugas jauh dari keluarga, tentunya ada tekanan psikologis tersendiri. Namun, berkat profesionalitas prajurit Komando, semuanya dapat menjalankan kewajiban dengan baik.

“Semoga karya prajurit Yonko 465 Paskhas ini, dapat menjadi realisasi janji pengabdian kepada ibu pertiwi. Sekali lagi terima kasih atas sambutan Danlanud dan keluarga besar Lanud Supadio,” pungkasnya.

Upacara penyambutan Satgas Pamrahwan Papua berlangsung di Main Apron Lanud Supadio, Rabu (13/11/2019). Satgas disambut oleh Dankorpaskhas bersama jajaranya, Danlanud Supadio, Marsma TNI Palito Sitorus, dan Forkopimda Kabupaten Kubu Raya. (mul)