Rabu, 11 Desember 2019


Penyaluran Logistik Pilkades Lancar

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 118
Penyaluran Logistik Pilkades Lancar

Ilustrasi

KUBU RAYA, SP - Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya memastikan penyaluran logistik untuk pelaksanaan Pilkades serentak di kabupaten itu tidak mengalami kendala.

"Untuk logistik Pilkades sudah dipastikan aman. Memang kemarin ada beberapa kekurangan, tapi sudah dipenuhi," kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya, Nursyam Ibrahim di Sungai Raya, Kamis (14/11).

Dikatakan bahwa mulai 13 November logistik untuk Pilkades serentak sudah didistribusikan ke Kecamatan Batu Ampar, Terentang, Teluk Pakedai dan Kubu. 

Selanjutnya pada 14 November logistik pilkades disalurkan ke Kecamatan Sungai Raya, Sungai Kakap, Sungai Ambawang, Rasau Jaya dan Kuala Mandor B.

Sejauh ini, kata Nursyam, berdasarkan informasi yang diperoleh pihaknya dari setiap Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) masing-masing desa belum menemukan kendala terhadap pelaksanaan Pilkades serentak di Kubu Raya.

"Namun, sampai saat ini kita terus memantapkan persiapan Pilkades serentak di Kubu Raya. Pilkades serentak yang persiapannya saat ini sudah mencapai  90 persen, akan diikuti 60 desa di Kubu Raya pada 16 November 2019," katanya.

Sementara mengenai pengawasan Pilkades serentak, Nursyam mengatakan, selain PPKD, di setiap desa juga telah dibentuk Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Desa. 

"Karena ini merupakan satu kesatuan, baik itu PPKD dan panwas Pilkades. Jadi, jika ada persoalan di lapangan diharapkan bisa diselesaikan di tingkat desa," katanya.

Mengenai pengamanan Pilkades serentak sendiri, kata Nursyam, sebelumnya Pemerintah Kubu Raya juga telah berkoordinasi dengan Polres Mempawah dan Polresta Pontianak untuk turut melakukan pengamanan. 

"Dan kami yakin semua personel dari pihak kepolisian dan pihak terkait lainnya ini sudah siap untuk turut mengawal dan melakukan pengamanan selama Pilkades," ucapnya.

Nursyam mengimbau masyarakat Kubu Raya untuk sama-sama terus menjaga suasana aman dan kondusif di Kubu Raya, termasuk saat Pilkades serentak.

"Kami pun berharap masyarakat yang di desanya di gelar Pilkades bisa berpartisipasi menggunakan hak pilihnya. Partisipasi masyarakat menentukan siapa yang akan duduk memimpin desanya nanti," kata Nursyam.

Usai pelaksanaan Pilkades serentak, kata Nursyam, di hari yang sama, masing-masing PPKD akan langsung menetapkan pemenang Pilkades.

"Selanjutnya kami berikan waktu selama tiga hari kepada PPKD untuk menyampaikan hasil Pilkadesnya ke bupati. Jika saat ditetapkan pemenang Pilkades, ditemukan ada pihak yang tidak setuju dengan hasilnya, maka bisa langsung menyelesaikannya di tingkat desa dengan PPKD dengan batas waktu tiga hari tersebut," paparnya.

Nursyam menambahkan. sesuai peraturan yang berlaku, kepala daerah memiliki waktu 30 hari untuk melantik kades terpilih sejak pelaksanaan Pilkades serentak dilakukan.

"Jadi, kalau 16 November Pilkades, setidaknya 16 Desember sudah ada pelantikan kades terpilih," kata Nursyam. (ant/bah)

Jadi Pemilih Cerdas 

Tokoh Pemuda Sungai Raya, Zainuri berharap masyarakat jadi pemilih cerdas dan bersih. 

“Pemilih cerdas dan bersih yaitu menentukan calon pemimpin yang punya rekam jejak baik dan komitmen untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sementara pemilih bersih yaitu suaranya tidak bisa dibeli oleh uang,” katanya. 

Kualitas pembangunan desa, kata Zainuri, sebetulnya cermin masyarakat. Jika masyarakat terdidik, maka akan melahirkan pemimpin yang terdidik pula. 

“Gunakan hak pilih secara bermartabat,” pungkas Zainuri. (bah)