Chef Mahkota Juara 1 Lomba Masak Ikan Nusantara

Kuliner

Editor Kiwi Dibaca : 993

Chef Mahkota Juara 1 Lomba Masak Ikan Nusantara
Juara Nasional - Chef Abdul Kadir (paling kiri bertopi putih) dari Hotel Mahkota Pontianak berhasil menjadi juara lomba memasak menu masakan tradisional berbahan dasar ikan tingkat nasional di Jakarta, Jumat (11/8).
Luar biasa prestasi yang ditorehkan chef dari Hotel Mahkota Pontianak ini. Menu masakan Botok Ikan Patin racikan Sang Chef, Abdul Kadir, berhasil memikat lidah para juri dalam perlombaan memasak yang digelar secara Nasional di Jakarta, Jumat (11/8) kemarin.  

Masakan kampung khas Kalbar berbahan dasar ikan patin, serundeng kelapa, dibungkus dengan daun mengkudu, dengan saos yang dibuat dari bumbu putik ini pun, berhasil menyabet Juara 1, sekaligus menyisihkan 10 chef ternama mewakili kota-kota besar di Indonesia.  

General Manajer Hotel Mahkota Pontianak, Rizal pun ikut berbangga atas prestasi gemilang, yang diperoleh Chef Mahkota Hotel Pontianak ini, di perlombaan bertaraf Nasional tersebut.   Menurutnya, menu Botok Ikan Patin racikan Chef Abdul Kadir yang disajikan dalam perlombaan masak ikan Nusantara ini, memiliki keunikan tersendiri. Terutama dalam hal penyajian dan rasa.  

"Ini masakan tradisional khas Kalbar. Menu ini sebenarnya sangat sederhana. Bahan dasar utamanya hanya ikan patin. Namun penyajiannya sangat menarik. Itulah yang menjadi istimewa," jelasnya.   Penyajian Botok Ikan Patin yang disajikan Chef Abdul Kadir, kata Rizal, dengan menggunakan tempurung kelapa. Ikan patin yang sudah diolah dengan bumbu tradisional, lantas dimasukkan ke dalam tempurung kelapa tersebut.  

Dengan kemasan ini, menu masakan kampung dari Kalbar, begitu terlihat menarik dan memikat. Dari sisi rasa, tentu sangat enak dan nikmat di lidah.   “Di Kalbar, masakan botok bukanlah menu yang baru,” katanya.   Namun, untuk jenis ikan patin memang jarang digunakan sebagai bahan dasar. Kali ini, masakan botok yang disajikan oleh Chef Abdul Kadir, mencoba hal baru. Ikan patin dicoba menjadi bahan dasarnya.   

Hasilnya, tak kalah enak dengan ikan lainnya. Terbukti, Botok Ikan Patin berhasil tampil memukau. Mengalahkan masakan tradisional dari 10 kota besar di Indonesia.   "Masakan Botok Ikan Patin Chef Abdul Kadir ini, nanti akan kita rilis menjadi menu utama di Hotel Mahkota," katanya.  

Rizal mengatakan, masakan botok ikan patin ala Chef Abdul Kadir diminta untuk disajikan pada saat peringatan 17 Agustus nanti. "Chef Abdul Kadir diminta memasak untuk Presiden pada tanggal 17 Agustus. Menu Botok Ikan Patin ini yang diminta oleh Presiden untuk dimasak," katanya. (abdul halikurrahman/lis)