Senin, 21 Oktober 2019


Bikin Ngiler! Chef Aiko Buat Asinan Rambutan dan Lidah Buaya di PFF

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 719
Bikin Ngiler! Chef Aiko Buat Asinan Rambutan dan Lidah Buaya di PFF

Chef Aiko bersama Pjs Wali Kota Pontianak, Mahmudah saat membuat asinan rambutan dan lidah buaya di PFF. (SP/Balasa)

PONTIANAK, SP - Chef Aiko, tamu spesial Pontianak Food Festival (PFF) II 2018 memasak menu khusus untuk Kota Pontianak, di hari terakhir penyelenggaraan even itu, di halaman parkir Ayani Mega Mall Pontianak, Minggu (25/2) pagi.

Usai memasak asam pedas Pontianak, chef yang lahir di Medan ini membuat Asinan Rambutan dan Lidah Buaya. Cuaca Pontianak yang ‘bedengkang’ memang cocok untuk jenis asinan. Apalagi dengan bahan khas seperti lidah buaya yang memang sudah punya banyak produk turunan.

Resepnya pun terbilang sederhana. Hanya perlu asembu, cabai rawit, gula, garam, jeruk Pontianak, jeruk sambal dan tentunya rambutan dan lidah buaya. Takarannya bisa disesuaikan dengan lidah masing-masing.

Untuk tahap pertama, campurkan asembu, cabai rawit (jika tak ingin pedas, silakan ganti dengan cabai keriting), garam, gula, jeruk Pontianak dan jeruk sambal.

"Tidak perlu pakai gula cair, tinggal pakai jeruk Pontianak. Ini asinan kuah, jadi kuahnya bisa dimakan," kata Chef Aiko disela memeras jeruk.

"Bukan asinan kalau tidak ditambah garam, saya biasa 1/4 sendok teh," sambungnya.

Usai "kuah" selesai, tinggal masukkan rambutan yang sudah dibuang bijinya dan daging lidah buaya yang sudah direbus. Tambahkan daun mint dan hiasan lain. Menu asinan itu pun siap disantap. (bls)