TKA di Landak Belum Urus Dokumen Kependudukan

Landak

Editor sutan Dibaca : 822

TKA di Landak Belum Urus Dokumen Kependudukan
Ilustrasi
NGABANG, SP - Sejumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) khususnya yang bekerja di perusahaan perkebunan dan pertambangan di Kabupaten Landak,   belum satu pun melaporkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

"Mereka menganggap jika sudah melapor ke polisi, mereka sudah merasa aman. Padahal dia kan harus mengurus dokumen kependudukannya ke kita," kata Kepala Disdukcapil Kabupaten  Landak, Yohanes Meter.

Dia mengungkapkan Disdukcapil akan melihat dokumen-dokumen pendukung dari TKA bersangkutan seperti, paspor dan surat keterangan izin.  

Kalau TKA punya surat keterangan izin sementara, maka Disdukcapil hanya memberikan surat keterangan penduduk sementara.

"Kalau dia punya surat Keterangan Izin Menetap (KITAP) yang dikeluarkan oleh Kemenkumham, itu akan kita lihat," ungkapnya.

Menurutnya, jika TKA yang bersangkutan memiliki KITAP, tentu Disdukcapil akan memprosesnya.

"Tapi harus diingat, KITAP yang dikeluarkan itu ada jangka waktunya. Kalau masanya lima tahun, kita berikan KTP dengan jangka waktu lima tahun. Tapi kalau WNI, KTP nya seumur hidup," jelasnya.

Yohanes menegaskan, jika TKA yang bekerja di Landak tidak mengantongi dokumen kependudukan, akan dijerat UU No. 23 tahun 2006 dengan ancaman denda. (dvi/bob)
   

Baca Juga:
LPSK Fasilitasi Rehabilitasi Korban Malapraktik di Kota Singkawang