Senin, 16 Desember 2019


Pedagang Masih Keluhkan Kelangkaan

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 511
Pedagang Masih Keluhkan Kelangkaan

BAWANG PUTIH – Bawang putih dijual oleh pedagang di sebuah pasar. Di pasar di Landak, harga komoditas tersebut menembus Rp95 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya hanya seharga Rp45 ribu per kilogram.

LANDAK, SP - Harga bawang putih di pasar rakyat Kabupaten Landak dijual dengan harga bervariasi. Sebagian pedagang di pasar tersebut juga mengeluhkan langkanya bawang putih di Landak.

Satu di antara pedagang bawang putih di pasar rakyat Landak, Yunita mengatakan, ia menjual bawang putih dengan harga Rp95 ribu per kilogramnya.
"Dulu harganya sebesar Rp45 ribu per kilo. Tapi sekarang sudah naik sejak kira-kira seminggu yang lalu," ujar Yunita di pasar rakyat Landak, Kamis (1/6).

Untuk harga per onsnya, kata Yunita, dijual seharga Rp10 ribu.
"Dulunya sebelum ada kenaikan saya jual Rp5 ribu per ons," katanya.

Lain halnya dengan pedagang bawang putih lainnya, Lenawati. Bawang putih yang ia jual itu malah mengalami penurunan harga.
"Untuk saat ini saya menjual bawang putih dengan harga Rp80 ribu per kilo. Dulunya saya jual Rp100 ribu per kilo.

Turunnya harga bawang putih inipun terjadi sejak dua hari lalu," terangnya.
Diakuinya, ia sendiri membeli bawang putih dari agen di Pontianak seharga Rp1,2 juta per karung (ukuran 16 Kg sampai17 Kg).

"Sebelumnya kira-kira satu minggu jelang bulan puasa harganya Rp1,5 juta per karung. Untuk saat inipun stok bawang putih di Landak memang mengalami kelangkaan," akunya.

Langkanya bawang putih ini membuat pedagang lainnya di pasar yang sama tidak menjual bawang putih.
"Sudah lama saya tidak menjual bawang putih sejak kira-kira sebulan yang lalu. Ini dikarenakan langkanya bawang putih," kata pedagang lainnya, Mamak Indra.

Diakuinya, sekarang ini harga bawang putih dari agen sebesar Rp1,3 juta per karung untuk ukuran karung 16 Kg sampai17 Kg. Disamping itu, kualitas bawangnyapun cukup jelek. "Makanya banyak konsumen yang protes dikarenakan kualitas bawang putih yang jelek, tapi malah dijual mahal," katanya. (dvi/bah)