Karolin Minta Perempuan Kembangkan Potensi Diri

Landak

Editor Kiwi Dibaca : 601

Karolin Minta Perempuan Kembangkan Potensi Diri
PUKUL GONG - Bupati Landak, Karolin Margret Natasa memukul gong, tanda dibukanya kegiatan P2WKSS tingkat Kabupaten Landak di Desa Amboyo Inti, Kecamatan Ngabang, Rabu (19/7).
LANDAK, SP - Bupati Landak, Karolin Margret Natasa membuka secara resmi kegiatan Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tingkat Kabupaten Landak yang dipusatkan di Desa Amboyo Inti Kecamatan Ngabang, Rabu (19/7).

Hadir dalam pembukaan, Ketua TP PKK Landak, Maria Lestari Heriadi, Ketua panitia yang juga Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DSPMPD) setempat, Andi Ali, sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Landak, sejumlah camat se-Landak, Forkopimcam Ngabang, pengurus TP PKK Kecamatan Ngabang serta tokoh masyarakat Desa Amboyo Inti.

Dalam arahannya, Karolin mengatakan salah satu upaya pemerintah bersama masyarakat dalam menanggulangi kemiskinan adalah dengan meningkatkan peranan wanita dalam pembangunan. Salah satunya melalui program terpadu P2WKSS. P2WKSS merupakan program pengembangan sumber daya manusia, khususnya wanita dan sumber daya alam serta lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia melalui integrasi, peranan, kepentingan dan aspirasi wanita. “Kemudian dengan melakukan pendekatan lintas sektoral dari seluruh Dinas/Instansi Pemerintah dalam rangka pembangunan di tingkat desa,” ujar Karolin.

Menurutnya, program pemberdayaan perempuan bukan hanya menjadi program di Kabupaten Landak. Tetapi juga merupakan program pemerintah, baik di tingkat nasional maupun internasional. Seperti halnya negara-negara di Asia, peranan perempuan dianggap kurang dalam pembangunan. Sebenarnya, kata Karolin, kaum perempuan bisa berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga jika diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi diri.

“Wanita itu jangan disuruh diam-diam saja di rumah. Peran perempuan inilah yang mendorong dilaksanakannya program P2WKSS ini, ” kata Karolin. Karolin berharap, kelompok kerja P2WKSS di tingkat kecamatan maupun desa berperan aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan  dan memanfaatkan koordinasi serta keterpaduan lintas sektoral.

“Jika ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, saya yakin kegiatan yang dilaksanakan ini dapat memberikan hasil akhir yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” kata mantan Anggota DPR RI dua periode ini. (dvi/bah)