Sabtu, 21 September 2019


DPRD Singkawang Belajar Laporan Keuangan APBD Landak

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 716
DPRD Singkawang Belajar Laporan Keuangan APBD Landak

PIMPIN PERTEMUAN - Pj Sekda Landak, Alpius memimpin pertemuan dengan jajaran Pemkab Landak dan DPRD Kota Singkawang, Senin (21/8).

LANDAK, SP - Badan Anggaran bersama Sekretariat DPRD Kota Singkawang mengunjungi Pemkab Landak, Senin (21/8). Kedatangan mereka untuk melakukan konsultasi atau koordinasi mengenai Raperda tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Kota Singkawang tahun 2016 ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Landak.   Rombongan diterima Pj Sekda Landak, Alpius di ruang rapat Bupati Landak.

 Hadir dalam pertemuan yang dipimpin Alpius itu anggota DPRD Landak, Cahyatanus, Kepala BPKAD Landak, Benediktus beserta sejumlah Kabid dan staf serta instansi terkait lainnya.   Sedangkan dari Kota Singkawang dihadiri Ketua DPRD Kota Singkawang, Sujianto, Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang, Sumberanto Tjitra dan sejumlah anggota DPRD Kota Singkawang lainnya serta Sekretariat DPRD Kota Singkawang.  

Ditemui usai pertemuan, Benediktus mengatakan, pada prinsipnya DPRD Kota Singkawang sudah melihat Landak mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan selama empat kali berturut-turut.   "Mereka tergerak untuk melakukan koordinasi ke Landak berkaitan dengan opini WTP yang sudah kita raih itu," ujar Beni.  

Diakuinya, Kota Singkawang juga berkeinginan supaya mereka bisa memperoleh opini WTP dalam laporan keuangan itu.   "Selama ini Kota Singkawang selalu mendapat opini Wajar Dengan Pengecualin (WDP) dalam pelaporan keuangannya itu," katanya.   Ditambahkan, Kota Singkawang juga menganggap Landak cepat dalam menindaklanjuti hasil dari pemeriksaan BPK.  

"Sebab sesuai instruksi dari BPK, 60 hari setelah pemeriksaan, hasil pemeriksaan itu harus ditindaklanjuti," ucapnya.   Sementara Pj Sekda Landak, Alpius mengatakan, dalam pelaksanaan APBD Landak, Pemkab Landak tetap mengedepankan prinsip transparansi dan keterbukaan.  

"Kami tetap melakukan konsultasi dan koordinasi dengan DPRD Landak. Apapun keputusan yang kita ambil tetap dilakukan dengan cara bersama," kata Alpius.     Sementara Ketua DPRD Kota Singkawang, Sujianto menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Pemkab Landak yang sudah memberikan arahan mengenai Raperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD.  

"Ini merupakan koordinasi kami yang luar biasa. Apa yang kami diskusikan di Kota Singkawang terkait dengan laporan hasil akhir BPK ini sudah kami dapatkan di Landak ini," kata Sujianto. (dvi/bah)