Permohonan KIA di Landak Tinggi

Landak

Editor Kiwi Dibaca : 601

Permohonan KIA di Landak Tinggi
TUNJUKKAN KIA – Empat anak sedang menunjukkan Kartu Identitas Anak (KIA) miliknya. Di Landak, tahun ini dinas terkait akan menargekan pencetakan 12 ribu KIA.
LANDAK, SP - Sejak diluncurkannya Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Landak belum lama ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat mengklaim jika animo masyarakat Landak untuk mengajukan permohonan KIA cukup tinggi. KIA pun sudah dalam proses cetak.   Menurut Kepala Disdukcapil Kabupaten Landak, Yohanes Meter, meskipun permohonan membuat KIA itu cukup banyak, namun instansi yang menangani administrasi kependudukan itu masih menemui kendala.  

"Kendala yang sering terjadi yakni masalah listrik yang sering padam. Kemudian, kendala jaringan yang sering error. Apalagi jaringan ini langsung ke pusat. Servernya pun pusat juga," ujar Yohanes di kantornya, Jumat (8/9).
 

Diakuinya, pembuatan KIA tidak seperti pembuatan KTP Elektronik. KIA tidak melalui perekaman.   “Kemudian, kalau anak nol sampai lima tahun tanpa pas foto. Sedangkan anak lima tahun ke atas memakai pas foto. Hanya saja pas foto tersebut bukan di foto langsung pada saat proses pembuatan, tetapi melampirkan foto," katanya.  

Dijelaskan, untuk KIA tahap pertama tersebut, Disdukcapil Landak menargetkan penerbitan KIA ini mencapai 12 ribu kartu.   "Itupun kalau kita lihat jumlah anak yang sudah memiliki akta kelahiran, masih kurang. Tapi pembuatan KIA ini akan kita lakukan bertahap. Tahun depan kita cetak lagi. Ini kita upayakan kalau memang bisa 12 ribu KIA selesai tahun ini," ucap Yohanes.   

Ia menambahkan, pembuatan KIA ini akan diprioritaskan dulu kepada anak-anak yang ada di ibukota kabupaten.   "Syarat-syarat KIA inipun tidak terlalu sulit, seperti membawa pas foto 2 x 3 satu lembar untuk anak enam tahun ke atas, KK dan akta lahir. Sebab sasaran kita yang berhak mendapatkan KIA yakni anak yang sudah mempunyai akta lahir," terangnya. (dvi/bah)  

Komentar