Selasa, 17 September 2019


Awasi Pembahasan APBD Sanggau 2018

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 566
Awasi Pembahasan APBD Sanggau 2018

Heriyanto

SANGGAU, SP – Proses pembahasan APBD Tahun Anggaran 2018 Kabupaten Sanggau perlu mendapat perhatian semua pihak, termasuk aparat penegak hukum. Harapannya, APBD mendatang mampu meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat secara adil dan layak melalui berbagai kebijakan dan anggarannya.  

“Kita berharap semua pihak, termasuk aparat penegak hukum ikut mengawasi proses pembahasan APBD Sanggau 2018. Sehingga APBD yang disusun benar-benar berkeadilan, efesien dan efektif,” kata Tokoh Pemuda Sanggau, Heriyanto kepada Suara Pemred, Minggu (24/9).
 

Keadilan anggaran, penggunaannya dialokasikan secara adil untuk kepentingan seluruh kelompok masyarakat. Kemudian efesien dan efektif, artinya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk  meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.
  Pemilihan program dan kegiatan yang masuk dalam APBD nantinya, diingatkan Heriyanto, harus didasari pada kebutuhan masyarakat yang prioritas bukan atas dasar keinginan pejabat pengelolanya.  

“Di sinilah dibutuhkan kepekaan pemerintah daerah untuk menangkap keinginan masyarakat serta ketegasan untuk membuat skala prioritas yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang sebenarnya. Dan harus diingat, masyarakat punya hak untuk menentukan kebutuhan pembangunan, ikut terlibat dalam pembangunan dan mengontrolnya,” ujarnya.  

Masyarakat, lanjut Heriyanto, juga harus diberdayakan untuk mengontrol pelayanan yang diberikan birokrasi.   Dengan adanya kontrol itu, maka pemerintah daerah akan memiliki komitmen yang lebih kuat, pemerintah daerah akan lebih peduli dan lebih kreatif dalam memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat.

  “Untuk menjamin bahwa apa yang direncanakan pemerintah daerah sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat, dalam penyusunan program prioritas dan RAPBD harus melibatkan masyarakat,” pungkasnya. (jul/bah)