Laporan Anggaran Desa Diminta Dipercepat

Landak

Editor Kiwi Dibaca : 538

Laporan Anggaran Desa Diminta Dipercepat
PIDATO - Bupati Landak, Karolin Margret Natasa berpidato saat Rapat Kerja Gubernur, Bupati, Camat dan Kades se Landak di aula Kantor Bupati Landak, Kamis (2/11).
LANDAK, SP - Sejak dilantik menjadi Bupati Landak, Karolin Margret Natasa langsung memulai kerjanya. Ada beberapa persoalan yang mereka temukan terkait dengan dana desa. Karolin mengakui, masih banyak para Kepala Desa (kades) di Landak yang tidak tepat waktu dalam menyampaikan dokumen pendukung atas penyaluran APBDes tahap pertama tahun 2016 lalu sebesar 60 persen.

"Dokumen pendukung itu seperti RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah), RKP (Rencana Kerja Pemerintah) dan Laporan Pertanggung Jawaban APBDes tahun 2016. Seharusnya dokumen itu disampaikan paling lambat minggu pertama di bulan Januari. Namun para kades menyampaikannya di Mei - Juni,” ujar Karolin saat memberikan arahan pada kegiatan Rapat Kerja Gubernur, Bupati, Camat dan Kades se Landak di aula Kantor Bupati Landak, Kamis (2/11).

Dijelaskan, sesuai nota kesepakatan antara Pemkab Landak dengan perwakilan BPKP Kalbar pada 18 Februari 2013 lalu, Pemkab Landak akan menerapkan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dalam pengelolaan keuangan desa.

“Namun dikarenakan keterbatasan Sumber Daya Manusia, baru tahun inilah desa mampu menggunakan Siskeudes meskipun belum maksimal,” katanya. Karolin menegaskan, selaku pimpinan di Kabupaten Landak, ia bertanggung jawab penuh dengan tercapainya program pembangunan di desa.

"Oleh karena itu, saya meminta perhatian dari para camat dan kades supaya dalam penyusunan RPJMDes, RKPDes, APBDes dan produk hukum desa lainnya harus melibatkan masyarakat. Para camatpun diminta agar dapat melakukan upaya fasilitas kepada para kades dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam menyusun dokumen tersebut, " pintanya.

Karolin menjelaskan, pagu Dana Desa (DD) Landak tahun 2017 sebesar Rp128 miliar. Dana itu semuanya sudah tersalurkan seratus persen ke rekening kas desa. "Sedangkan, pagu Alokasi Dana Desa (ADD) Landak tahun 2017 sebesar Rp74 miliar. Dari ADD sebesar itu, sudah tersalurkan ke rekening kas desa sebesar Rp27 miliar. Sisanya Rp46 miliar akan disalurkan paling lambat minggu ke dua di bulan November 2017 mendatang," terangnya. (dvi/bah)

Komentar