Kabupaten Landak Luncurkan E-CLIC

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 385

Kabupaten Landak Luncurkan E-CLIC
SERAHKAN PENGHARGAAN - Penjabat Sekda Landak Alpius menyerahkan piagam penghargaan dari Bupati Landak kepada 22 entitas pengawasan di Kantor Bupati Landak, Senin (4/12) . Ke 22 entitas itu telah menyelesaikan seluruh rekomendasi hasil pengawasan Inspektor

Memperketat Pengawasan Intern Pemerintahan Daerah


Bupati Kabupaten Landak yang diwakili Penjabat Sekretaris Daerah Landak Alpius, membuka secara resmi kegiatan pemuktahiran data tindak lanjut hasil pengawasan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan launching e-Consulting Clinic (E-CLIC) yang digelar oleh Inspektorat Landak, di Kantor Bupati Landak, Senin (4/12). 

SP - Kegiatan itu diikuti Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Landak, para Camat seluruh Landak, seluruh Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT), Kepala Puskesmas dan para kepala desa (Kades) se Landak.

Dalam sambutan bupati yang disampaikan Alpius dikatakan, dalam rangka meningkatkan efektivitas pengawasan fungsional dan menunjang terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang bersih bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), setiap rekomendasi temuan hasil pengawasan APIP, wajib ditindak lanjuti secara konsisten. 

"Tindak lanjut tersebut dilakukan oleh pimpinan entitas pengawasan sebagai penanggungjawab kegiatan," ujar Alpius.

Menurutnya, tindak lanjut hasil pengawasan APIP tersebut sangat diperlukan. "Ini dalam rangka memperbaiki manajemen pemerintahan yang antara lainnya yakni, aspek kelembagaan, ketatalaksanaan dan SDM aparatur, " katanya.

Menyinggung soal launching E-CLIC, bupati melalui Pj Sekda menjelaskan, E-CLIC merupakan pengawasan internal di lingkungan Pemkab Landak. E-CLIC ini pun merupakan layanan konsultasi tentang pengawasan internal bagi entitas pengawasan atau audit di Kabupaten Landak. Tujuannya, untuk meningkatkan upaya pencegahan terjadinya penyimpangan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan.

Kepala Inspektorat Kabupaten Landak, Asep Yusuf mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut untuk memberikan informasi tentang pemuktahiran data tindak lanjut hasil pengawasan APIP. 

“Selain itu, kita juga menginformasikan tentang E-CLIC di lingkungan Pemkab Landak," jelasnya.

Kemudian lanjutnya, dibacakan juga risalah pemuktahiran data tindak lanjut hasil pengawasan Inspektorat Landak tahun 2014, 2016 dan tahun 2017 sebanyak 155 entitas pengawasan. 

"Kita juga memberikan piagam penghargaan dari Ibu Bupati Landak kepada 22 entitas pengawasan yang telah menyelesaikan seluruh rekomendasi hasil pengawasan Inspektorat Kabupaten Landak tahun 2014, 2015, 2016 dan tahun 2017," katanya. (devi zulkarnain/ang)