Hari Pertama Masuk Sekolah Setelah Libur Panjang

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 747

Hari Pertama Masuk Sekolah Setelah Libur Panjang
BELAJAR – Siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) sedang belajar di kelas. Di Landak, sekolah sudah mulai proses belajar mengajar setelah libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018. (Antara Foto)

Guru dan Murid Mulai Proses Belajar Mengajar 


Hari pertama masuk sekolah usai libur Natal 2017 dan tahun baru 2018 di Kabupaten Landak, sejumlah sekolah, khususnya di Kota Ngabang, mulai melakukan aktivitas belajar mengajar, seperti di SMA Negeri 1 Ngabang. 

SP - Sekolah favorit di Landak itu sudah memulai kegiatan belajar mengajar setelah melaksanakan upacara bendera perdana di awal semester genap tahun pelajaran 2017/2018 ini.

Kepala SMAN 1 Ngabang, Thomas Edison mengatakan, untuk hari pertama masuk sekolah, para peserta didik dan tenaga pengajar di SMAN 1 Ngabang sudah melaksanakan kegiatan belajar mengajar. 

"Tapi kita tadi sudah mempersiapkan kelas sebelum proses belajar mengajar berlangsung selama kurang lebih satu sampai dua jam. Setelah jam ke tiga, kita masuk kelas untuk proses belajar mengajar," ujar Thomas di sekolahnya, Senin (8/1).

Thomas juga mengatakan bahwa di hari pertama masuk sekolah di SMAN 1 Ngabang, semua guru dan Tata Usaha (TU) juga sudah hadir. 

"Demikian juga dengan peserta didik masuk semua," aku Thomas.

Proses belajar mengajar juga sudah dilakukan di SMK Negeri 1 Ngabang. 

"Di hari pertama sekolah ini kita sudah mulai melakukan kegiatan belajar mengajar. Tadi juga setelah upacara bendera kita sudah melakukan bersih-bersih ruang kelas," ujar Kepala SMK Negeri 1 Ngabang, Dominikus Dasit. 

Dominikus mengaku, semua tenaga guru dan TU sudah masuk dihari pertama sekolah itu. 

"Sebelumnya kita sudah mengingatkan para peserta didik, guru dan TU supaya bisa masuk sekolah kembali setelah libur Natal dan tahun baru ini. Tidak ada yang nambah libur lagi. Sebab, libur yang sudah diberikan itu cukup panjang," katanya.

Selain itu, tambah Domi, pihak SMKN 1 Ngabang saat inipun tengah melakukan persiapan pelaksanaan Natal bersama. 

"Kemungkinan Natal bersama itu akan kita laksanakan hari Selasa minggu depan," ucapnya.

Berdasar pantauan Suara Pemred, sejumlah ruas jalan di Kota Ngabang di hari pertama masuk sekolah kemarin mulai dipadati anak sekolah yang hendak pergi ke sekolah. Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Landak juga mulai disibukkan untuk melakukan pengaturan lalulintas. Tampak para personel Satlantas Polres Landak ditempatkan di sejumlah sekolah di Kota Ngabang untuk melakukan pengamanan arus lalulintas. 

Menurut Kapolres Landak AKBP Bowo Gede Imantio melalui Kasatlantas AKP Novalina Tarihoran mengatakan, usai libur panjang Natal 2017 dan tahun baru 2018, di hari pertama masuk sekolah ini pihaknya turun mengawal dan mengamankan para pengguna jalan, terutama anak sekolah. 

"Seperti sebelumnya hampir setiap hari ruas jalan di Kota Ngabang ini selalu ramai dengan anak sekolah yang pergi ke sekolah. Nah, di hari pertama sekolah usai libur inipun, ruas jalan di Kota Ngabang kembali diramaikan oleh anak sekolah. Kitapun melakukan pengamanan arus lalu lintas, " ujar Nova di kantornya, Senin (8/1).

Dikatakan, Satlantas Polres Landak juga menempatkan sejumlah anggota Polantas di depan sekolah. 

"Hal ini dikarenakan arus lalulintas di depan sekolah cukup padat. Makanya kita tempatkan anggota untuk melakukan pengamanan arus lalu lintas," kata Nova. 

Nova mengimbau kepada pengguna jalan untuk lebih meningkatkan keselamatan dalam berlalu lintas, khususnya, di pagi hari sewaktu anak hendak berangkat sekolah.

"Jangan budayakan ingin cepat tanpa memperhatikan keselamatan berlalu lintas. Kami ingatkan, jalan yang ada bukan hanya milik sendiri. Tetapi ada pengguna jalan lainnya. Tetap mengedepankan keselamatan, patuhi rambu lalu lintas. Stop pelanggaran, stop kecelakaan. Keselamatan untuk kemanusiaan," tegas Nova. (devi zulkarnain/bah)