Memastikan Kamtibmas Terjaga Jelang Pilkada 2018

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 326

Memastikan Kamtibmas Terjaga Jelang Pilkada 2018
KUNJUNGAN - Kapolsek Ngabang, Kompol Ida Bagus Gde Sinung bersama anggota mengunjungi kediaman salah satu tokoh masyarakat Ngabang, Syaidina, Selasa (30/1). Kunjungan ke itu dalam rangka penggalangan untuk menjaga situasi Kamtibmas, terutama jelang Pilgub

Kapolsek Ngabang Sambangi Tokoh Dayak 


Mengawali program kerjanya,Kapolsek Ngabang, Kompol Ida Bagus Gde Sinung ikut terjun langsung ke lapangan dalam upaya melakukan penggalangan terhadap para tokoh dan sesepuh di Kecamatan Ngabang. 

SP - Selain memupuk tali silaturahmi, penggalangan inipun untuk merangkul dan mengajak  para tokoh supaya dapat berperan bersama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) agar selalu kondusif. Penggalangan itupun dilakukan Ida Bagus, Selasa (30/1) malam. 

Menurut Ida Bagus, penggalangan yang dilakukan itu untuk menjaga situasi Kamtibmas agar selalu kondusif menjelang perhelatan Pilkada Kalbar 2018. 

"Pelaksanaan Pilkada yang aman dan kondusif tentunya tidak terlepas dari berhasil dan tidaknya upaya penggalangan yang dilakukan pada semua unsur atau elemen masyarakat. Ini sebagai bagian dari deteksi dini dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kecamatan Ngabang maupun Kecamatan Jelimpo," ujar Ida Bagus, Rabu (31/1).

Diikatakan, untuk mengantisipasi panas dinginnya suhu politik yang berkembang terkait dengan akan digelarnya Pilkada Kalbar, berbagai macam strategi penggalangan dilakukan. 

"Ini dalam upaya meredam embusan aroma isu yang tidak sedap  dan sangat meresahkan masyarakat, seperti isu SARA, provokasi, intimidasi, ancaman perkusi dan lainnya Biasanya menjelang pesta demokrasi, isu-isu itu marak diembuskan oleh oknum atau pihak yang tidak bertanggung jawab, baik melalui media sosial, selebaran maupun kabar angin," kata Ida Bagus. 

Pada kesempatan itu, Ida Bagus mendatangi rumah salah satu tokoh masyarakat Dayak Landak, Syaidina. 

"Sebagai tokoh adat Dayak Kabupaten Landak, beliau juga dikatakan sebagai sesepuh. Kepadanyalah sering diminta nasihat oleh berbagai kalangan, baik dari pemerintah, swasta maupun masyarakat lainya yang terkait dengan permasalahan sosial, budaya maupun politik," ucap Sinung. 

Dikatakan Sinung lagi, melalui peran Syaidina sebagai tokoh adat Dayak, banyak permasalahan yang terjadi di masyarakat dapat diredam dan diselesaikan, baik permasalahan individu maupun konflik yang melibatkan orang banyak. 

"Sebagai tokoh dan sesepuh di Kecamatan Ngabang khususnya dan Landak umumnya, kami berharap dengan peran beliau tentunya dapat membantu pihak kepolisian untuk bersama menjaga Kamtibmas agar selalu kondusif. 

Sementara Tokoh Masyarakat Dayak Landak, Syaidina mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kapolsek Ngabang beserta anggota ke kediamannya. 

"Kita siap berperan dan bersinergi dengan aparatur pemerintahan, khususnya pihak kepolisian dalam menjaga Kamtibmas agar selalu kondusif, terlebih lagi menjelang pelaksanaan Pilgub Kalbar tahun 2018 ini, " ungkapnya. (devi zulkarnain/bah)

Komentar