Diskominfo Landak Akan Data Pengguna Frekuensi Radio

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 419

Diskominfo Landak Akan Data Pengguna Frekuensi Radio
Plt Kadis Kominfo Landak, Efraim Pata' Allorante (SP/Davi)
LANDAK, SP - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Landak akan mendata penggunaan frekuensi radio berupa Handy Talky (HT). 

Sebelumnya, Diskominfo Landak sudah melayangkan surat, baik kepada instansi pemerintah dan swasta, untuk memberikan informasi atau data penggunaan radio HT di instansinya masing-masing maupun secara pribadi.

Plt Kadiskominfo Kabupaten Landak, Efraim Pata' Allorante menjelaskan, pendataan yang dilakukan itu untuk menindaklanjuti kunjungan audiensi Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Pontianak pada 13 Desember 2017 lalu.

"Surat yang sudah kita kirim ke instansi pemerintah maupun swasta di Landak, sudah ditindaklanjuti oleh sejumlah SKPD di lingkungan Pemkab Landak dan sejumlah perusahaan swasta lainnya," ujar Efraim di kantornya, kemarin.

Ia mengaku, secara keseluruhan Diskominfo Kabupaten Landak belum mendapatkan informasi yang lebih detail tentang penggunaan radio HT, khususnya dari perusahaan yang ada di Landak.

"Kami mengimbau pengguna frekuensi radio HT di perusahaan yang ada di kecamatan se-Landak untuk proaktif menginformasikan kepada kita mengenai permintaan data yang kami minta itu," pintanya.

Efraim menegaskan bahwa data tersebut memang sangat penting untuk penertiban frekuensi. 

"Pendataan inipun sudah sesuai dengan UU Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi dan PP Nomor 53 Tahun 2012 tentang Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit serta peraturan lainnya," terang Efraim. (dvi/bah)