Kegiatan Pelepasan Ketua Pengadilan Negeri Landak

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 400

Kegiatan Pelepasan Ketua Pengadilan Negeri Landak
SERAHKAN CENDERA MATA - Plt Bupati Landak, Herculanus Heriadi menyerahkan cenderamata dari Pemkab Landak kepada mantan Ketua PN Landak, Chairil Anwar, Rabu (21/3). (SP/Devi)

Chairil Anwar Dipromosikan sebagai Hakim di Serang Banten 


Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Landak, Chairil Anwar resmi mengakhiri jabatannya sebagai orang nomor satu di lingkungan PN Landak. Ia dipromosikan sebagai hakim di PN Serang Banten. 

SP - Sebagai tanda ia melepaskan jabatannya sebagai Ketua PN Landak, dilaksanakan acara pelepasan yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Landak, Rabu (21/3).

Acara pelepasan itu sendiri dihadiri langsung Plt Bupati Landak, Herculanus Heriadi, Ketua DPRD Landak, Heri Saman, Pj Sekda Landak, Alpius, jajaran Forkopimda Landak, instansi vertikal di Landak dan tamu undangan lainnya. 

Dalam arahannya, Heriadi mengatakan, sewaktu Chairil bertugas di Landak, Kantor PN Landak memang belum berdiri. 

"Tapi, seiring beliau menjabat sebagai PN Landak, pada 2017 lalu pembangunan Kantor PN Landak sudah rampung dan sudah diresmikan pemakaiannya di pusat, " ujar Heriadi. 

Heriadi mengaku, kehadiran PN di Landak memang sangat diperlukan untuk kepentingan penyelesaian proses hukum dan hal-hal lainnya. 

"Dulu sebelum berdirinya PN Landak, banyak masyarakat kita yang berurusan di PN Mempawah dengan jarak tempuh yang cukup jauh dari pusat ibukota Landak, Ngabang. Tapi puji Tuhan, tak lama berselang bangunan PN Landak resmi beroperasi," ungkap Wabup Landak dua periode ini. 

Heriadi juga bersyukur karena hampir semua lembaga ada di Landak tersebut. Lembaga-lembaga itu di antaranya, Polres Landak, Kejari Landak dan Rutan Klas IIB Landak. 

"Dandim Mempawah juga sudah meminta kita untuk menyiapkan lahan pembangunan markas Kodim. Pada intinya, kami Pemkab Landak tetap serius dan mendukung keberadaan lembaga-lembaga yang ada di Landak ini, " ucapnya. 

Atas nama Pemkab Landak, Heriadi mengucapkan terima kasih atas pengabdian Chairil yang sudah mengemban tugas sebagai Ketua PN Landak. 

"Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak. Selamat bertugas di tempat yang baru dan semoga selalu sukses dalam menjalankan tugas ditempat yang baru," ujar Heriadi. 

Mantan Ketua PN Landak, Chairil Anwar mengatakan, hari ini ia akan melakukan Sertijab di Pontianak bersama pejabat yang baru. 

"Saya dilantik sebagai Ketua PN Landak pada 6 Januari 2016 lalu. Waktu saya bertugas di Landak, gedung PN Landak masih dalam masa persiapan. Tapi, syukur Alhamdulillah atas dukungan semua pihak seperti Pemkab Landak, DPRD Landak dan dukungan pihak lainnya, gedung PN Landak akhirnya diresmikan di Jakarta," kata Chairil. 

Kemudian, pada 8 Maret 2016 lalu PN Landak mulai ditempati dengan jumlah personel hanya delapan orang saja. 

"Namun dengan adanya dukungan dari semua pihak di Landak, PN Landak semakin berkembang hingga saat ini. PN Landak juga sudah memdapat akreditasi B dari Kemenkumham RI, " ungkap Chairil. 

"Saya mohon maaf atas kekurangan saya selama saya menjalani tugas sebagai Ketua PN Landak," pungkas Chairil. (devi zulkarnain/bah)