Herculanus Heriadi Bacakan LPKJ di Depan DPRD Landak

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 259

Herculanus Heriadi Bacakan LPKJ di Depan DPRD Landak
BACAKAN LKPJ - Plt Bupati Landak, Herculanus Heriadi membacakan LKPJ Kepala Daerah Landak tahun 2017 di ruang sidang DPRD Landak, Senin (26/3). (SP/Devi)

Ekonomi Landak Tunjukan Tren Positif 


Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Landak, Herculanus Heriadi menyampaikan pidato pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2017. LKPJ tersebut disampaikan di hadapan anggota DPRD Landak pada rapat paripurna yang berlangsung di ruang sidang DPRD Landak, Senin (26/3). 

SP - Rapat paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Landak, Heri Saman itu juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Landak, Sabinus dan sejumlah anggota DPRD Landak lainnya. 

Sedangkan di jajaran eksekutif, selain dihadiri Plt Bupati Landak, juga dihadiri Pj Sekda Landak, Alpius, para Assisten di Setda Landak, sejumlah Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Landak dan peserta lainnya. 

Dalam LKPJ, Plt Bupati mengatakan, selama tahun 2017, Pemkab Landak terus berupaya meningkatkan kinerja dan meraih prestasi demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat. 

"Dalam setiap usaha tentu terdapat kendala. Namun, tentu saja pemerintah tidak akan menyerah begitu saja. Segala kendala dan keterbatasan di banyak aspek kepemerintahan, kami sikapi dan kami usahakan untuk mengatasi dengan semangat dan bekerja lebih baik, " ujar Heriadi. 

Menurutnya, indikator pembangunan ekonomi Landak selama periode lima tahun terakhir menunjukan tren yang positif. 

"Kemudian, tingkat inflasi selama periode 2012-2016 masih dalam kisaran satu digit. Tahun 2012 sebesar 5,15 persen, tahun 2013 naik menjadi 5,22 persen, tahun 2014 turun sedikit menjadi 5,12 persen. Kemudian, pada tahun 2015 naik menjadi 5,49 persen dan tahun 2016 angka inflasinya turun menjadi 4,52 persen, " jelasnya. 

Sementara itu, sektor penyumbang peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Landak didominasi oleh sektor pertanian. 

"Pertumbuhan ekonomi selama lima tahun terakhir yakni, tahun 2012 sebesar 5,42 persen, tahun 2013 sebesar 5,20 persen, tahun 2014 4,93 persen. Pada tahun 2015 sebesar 5,11 persen dan pada tahun 2016 sebesar 5,28 persen, " terang Wabup Landak dua periode ini. 

Heriadi mengakui, berbagai capaian sepanjang tahun 2017 itu, disadari masih belum sepenuhnya berhasil sesuai target kinerja pemerintah daerah yang telah ditetapkan, baik pada tataran indikator makro maupun indikator kinerja sasaran. 

"Telah banyak upaya dan langkah yang telah kita tempuh. Namun, karena berbagai hal, sampai saat ini terdapat beberapa kekurangan yang harus diselesaikan. Untuk memperbaiki kekurangan tersebut, adalah tugas kita bersama,”katanya. 

Sementara itu, Ketua DPRD Landak, Heri Saman mengatakan, untuk ke depan, DPRD Landak akan membentuk Pansus untuk membahas LKPJ tersebut. 

"Nantinya kita akan melihat berkaitan dengan masalah perkambangan tahun-tahun sebelumnya, sehingga kita tahu bagaimana kinerja pemerintah dalam satu tahun ke belakang," ujarnya. 

Selain itu, DPRD Landak juga akan memberi catatan dan rekomendasi terhadap LKPJ tersebut oleh Pansus DPRD. 

"Ada masa satu bulan bagi kita untuk membahas LKPJ ini. Setelah itu, barulah nanti kita sampaikan catatan atau rekomendasi pemerintah dalam bentuk rekomendasi untuk perbaikan-perbaikan proses penyelenggaraan pemerintahan supaya ditindaklajuti ke depannya," kata legislator PDI Perjuangan ini. (devi zulkarnain/bah)