Rabu, 13 November 2019


Ikan Kaleng Cacing Belum Ditemukan di Landak

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 516
Ikan Kaleng Cacing Belum Ditemukan di Landak

Ilustrasi. Net

LANDAK, SP - Satuan Tugas (Satgas) kartel pangan Kabupaten Landak akan melakukan pengawasan terhadap ikan kaleng mengandung cacing yang berada di sejumlah toko, supermarket, mini market dan tempat lainnya di kabupaten tersebut. Tapi hingga saat ini belum ditemukan adanya ikan kaleng mengandung cacing yang beredar di Landak. Namun demikian, Satgas kartel pangan Landak tetap akan melakukan pengawasan.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Landak, Marius Baneng mengatakan, pihaknya juga akan melakukan pemantauan peredaran ikan kaleng mengandung cacing tersebut.

"Saya sudah perintahkan Kabid Perdagangan untuk melakukan pemantauan juga. Memang pada dasarnya tugas pengawasan barang beredar ini ada pada Satgas kartel pangan. Tapi kami tidak terlepas dari pengawasan barang beredar di Landak ini," ujar Marius Baneng di Ngabang, Rabu (28/3).

Meskipun belum ditemukannya ikan kaleng mengandung cacing di Landak, namun masyarakat konsumen tetap mewaspadai adanya ikan kaleng tersebut.

"Kepada konsumen yang hendak membeli produk dalam kemasan kaleng, terutama ikan kaleng, hendaknya bisa memperhatikan merk ikan kaleng mengandung cacing tersebut. Selain itu perhatikan masa keduluwarsa produk makanan dan minuman kaleng itu, termasuk kemasannya," pinta Baneng.

Imbauan senada juga disampaikan Kapolres Landak AKBP Bowo Gede Imantio.

"Kita meminta para produsen suatu produk makanan dan minuman supaya bisa mengikuti aturan-aturan yang berlaku sebelum produknya dilemparkan ke pasaran," mintanya.

Dikatakan, aturan-aturan tersebut seperti mendaftarkan produk itu kepada Dinas Kesehatan, lulus uji dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan aturan-aturan lainnya.

"Jangan sampai masyarakat konsumen tidak mengetahui kelayakan dari suatu produk makanan dan minuman. Apalagi jika dalam kemasan kaleng," katanya.

Selain itu, kapolres juga meminta masyarakat konsumen supaya mengedepankan ketelitian dalam membeli produk makanan dan minuman.

"Tapi hingga saat ini, belum ditemukan adanya peredaran produk ikan kaleng mengandung cacing di Landak ini. Namun demikian, masyarakat tetap berhati-hati jika hendak membeli atau mengkonsumsi suatu produk makanan dan minuman," ingat kapolres. (dvi/bah)