Kamis, 19 September 2019


Menumbuhkan Minat Baca Anak di Landak, Pemkab Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 388
Menumbuhkan Minat Baca Anak di Landak, Pemkab Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI

LOMBA BERCERITA – Asisten I Setda Landak, Alessius Asnanda memasangkan tanda peserta kepada perwakilan peserta lomba bercerita SD/MI tingkat Kabupaten Landak. (SP/Devi)

Asisten I Setda Landa, Alessius Asnanda
“Proses ini pun tidak cukup hanya dilakukan oleh guru atau komunitas sekolah, tetapi melibatkan peran aktif dari orangtua, lingkungan masyarakat, pemerintah serta lembaga swasta lainnya,"

NGABANG, SP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak terus berupaya untuk menjadikan masyarakat gemar membaca, khususnya pada anak usia dini. Sejumlah program sudah dilakukan pemerintah untuk menumbuh kembangkan minat baca kepada anak-anak. 

Namun untuk menumbuh kembangkan minat baca tersebut, tidak mudah seperti membalik telapak tangan. Hal tersebut diakui Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Landak yang diwakili Asisten I Setda Landak, Alessius Asnanda, saat membuka kegiatan lomba bercerita tingkat SD/MI se Landak di Aula Kantor Bupati Landak, Senin (14/5).

Menurut dia, upaya pembudayaan minat baca tersebut harus ditanamkan dan dilatih pada anak-anak sejak usia dini. Selain itu, upaya itu juga harus dilakukan secara berkelanjutan dalam kondisi yang kondusif, harmonis dan komunikatif. 

“Proses ini pun tidak cukup hanya dilakukan oleh guru atau komunitas sekolah, tetapi melibatkan peran aktif dari orangtua, lingkungan masyarakat, pemerintah serta lembaga swasta lainnya," ujar Alessius. 

Dikatakannya, Perpustakaan Nasional RI, perpustakaan umum provinsi dan perpustakaan umum kabupaten/kota serta perpustakaan umum kecamatan dan desa, terus berupaya untuk membangkitkan semangat dan memberikan motivasi anak-anak agar selalu memberdayakan perpustakaan dalam setiap kesempatan. 

"Khusus penyelenggaraan perpustakaan sekolah, pada kesempatan ini saya minta peran aktif dari Disdikbud Landak agar bisa memberdayakan peran dan fungsi perpustakaan sekolah. Selain itu, dapat juga menjalin kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Landak," pintanya. 

Ia menambahkan, kerjasama itu dalam rangka mengembangkan kegemaran membaca di tingkat SD/MI. "Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Landak telah menyusun berbagai kebijakan dan program serta kegiatan yang diimplementasikan dalam bentuk kegiatan lomba bercerita tingkat murid SD/MI ini," katanya. 

Dikatakan Ales, dalam rangka meningkatkan kecerdasan dan kehidupan bangsa, memang perlu ditumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan. 

"Saya menyambut baik kegiatan lomba bercerita ini. Semoga lomba ini bisa mengembangkan sumber daya dan talenta yang ada pada anak," harapnya.

Kasianus, salah seorang warga Ngabang menilai, menumbuhkan minat baca pada anak harus dimulai dari keluarga dalam rutin menyuplai kebutuhan bacaan bagi anak. “Semakin sering disodorkan buku, maka semakin sering si anak itu membaca dan akhirnya terbiasa,” katanya.

Selain itu, anak-anak yang rutin membaca sebagian besar memiliki rasa ingin mengetahui yang tinggi. “Anak-anak inilah kemudian yang menjadi penerus membangun daerah, maka dipersiapkan dari sekarang,” ucapnya.

Menambah Wawasan 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Landak, Yonas mengatakan, lomba bercerita yang dilaksanakan itu merupakan salah satu upaya untuk pengembangan dan pemberdayaan kegemaran membaca dan menulis di kalangan generasi muda. 

"Dengan gemar membaca, secara tidak langsung kita telah menambah wawasan ilmu pengetahuan dalam segala bidang, " ujarnya. 

Lomba bercerita tersebut diikuti peserta didik SD/MI dari setiap kecamatan yang ada di UPT se Landak. Setiap peserta membawakan cerita rakyat yang bermuatan lokal. Nantinya, pemenang pertama tingkat kabupaten akan diikutsertakan pada lomba yang sama di tingkat provinsi. 

Pada kesempatan itupun, ditampilkan juga pemenang ketiga lomba bercerita tingkat SD/MI tahun 2017, Florentina Raisa Arolov SDS Pahauman Kecamatan Sengah Temila. Ia membawakan satu cerita rakyat. (dvi/ang)