Senin, 23 September 2019


Landak Sudah Kondusif, Ketua Dewan Adat Dayak Kalbar Minta Warga Menahan Diri

Editor:

Indra W

    |     Pembaca: 5941
Landak Sudah Kondusif, Ketua Dewan Adat Dayak Kalbar Minta Warga Menahan Diri

Ketua Dewan Adat Dayak Provinsi Kalbar, Jakius Sinyor. (Ist)

PONTIANAK, SP - Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalbar, Jakius Sinyor mengatakan sudah menghubungi pihak DAD di Kabupaten Landak terkait ketegangan yang terjadi di daerah tersebut pasca hari pencoblosan Pilkada Kalbar. Sejauh ini apa yang terekam dalam video dan foto kejadian yang tersebar luas tersebut sudah kondusif.

“Saya menghubungi DAD Landak untuk memantau terus dan mengabarkan. Kini situasinya sudah kondusif. Kejadian yang terekam di foto dan video itu pada sore hari (Jumat-red),” katanya kepada Suara Pemred, Jumat (29/6) malam.

Atas kejadian tersebut, Jakius mengimbau semua kelompok pendukung Paslon Pilkada Kalbar manapun agar menjaga situasi Kalbar tetap aman dan damai. Jangan terpancing oleh isu-isu yang beredar yang justru memecah belah, terutama terkait hasil pengitungan suara.

Menurutnya, hasil penghitungan suara Pilkada Kalbar belum final. Maka itu, tidak serta merta bisa dijadikan tolak ukur kemenangan atau kekalahan. Semua pendukung Paslon mesti bijak melihat hasil penghitungan sementara tersebut.

“Saya meminta semua menahan diri. Karena penghitungan belum selesai. Tunggu sampai tanggal 9 Juli keputusan dari KPU. Jangan sampai hasil sementara ini malah membuat kita beradu domba, baik dari Paslon yang meraih suara terbanyak atau sebaliknya. Kita sama-sama kawal ini supaya Pilkada berlangsung damai. Intinya sama-sama menjaga,” jelasnya. (and)