Pemkab Landak Beri Perhatian Serius pada Lansia

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 274

Pemkab Landak Beri Perhatian Serius pada Lansia
DIALOGIS - Bupati Landak Karolin Margret Natasa berdialog dengan pasien Puskesmas Semata, Desa Amboyo Utara, Ngabang, belum lama ini. Pemerintah Kabupaten Landak telah menyiapkan regulasi yang akan memberi perhatian lebih kepada masyarakat lanjut usia. (I
NGABANG, SP - Pemerintah Kabupaten Landak akan memastikan memberi perhatian serius terkait dengan upaya meningkatkan kesejahteraan warga lanjut usia dengan tujuan memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktif.

"Untuk merealisasikan hal itu, ini akan kita tuangkan dalam Raperda yang sedang kita bahas bersama DPRD Landak," kata Bupati Landak Karolin Margret Natasa, baru-baru ini.

Dia mengatakan tentang pentingnya membahas peningkatan kesejahteraan Lansia karena ada kaitannya dengan indikator pembangunan manusia di Kabupaten Landak.

"Salah satu indikatornya adalah usia harapan hidup. Indikator yang kompleks meliputi kesehatan, ekonomi, dan akses," tuturnya.

Saat ini, pihaknya bersama DPRD Landak juga sedang merancang peraturan daerah tersebut meliputi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Landak 2017-2022 dan Raperda tentang perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Landak Nomor 8 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum.

Ia menjelaskan RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program kerja daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan pembangunan daerah, dan keuangan daerah.

"Ada pun visi kami adalah terwujudnya Kabupaten Landak yang mandiri, maju, dan sejahtera. Perwujudan visi ini dibarengi dengan semangat yang mulia, yaitu berjuang untuk kesejahteraan rakyat," tutur Karolin.

Dia juga mengakui RPJMD yang disusun berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Nasional (RPJPMN).

"Kita juga harus bersiap pasca-pemilihan gubernur tahun 2018, setelah dilantik gubernur yang baru, kita harus menyesuaikan dengan RPJMD provinsi. Semoga tidak terlalu jauh rencana yang disusun oleh gubernur terpilih nanti," katanya. (ant/ang)