KONI Landak Gelar Rapat Anggota, Target Lima Besar di Porprov 2018

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 221

KONI Landak Gelar Rapat Anggota, Target Lima Besar di Porprov 2018
RAPAT ANGGOTA – Sejumlah pengurus cabang olahraga yang tergabung dalam KONI Landak mengikuti rapat anggota yang digelar, di Gedung DPRD, Rabu (29/8). Rapat anggota itu membahas persiapan Landak dalam mengikuti Porprov Kalbar XII di Pontianak. (SP/Dev)
Penjabat Sekda Landak, Alpius
"Paling tidak kita bisa masuk lima besar dalam pelaksanaan Porprov Kalbar tahun 2018. Target itu harus kita jawab pada Porprov Kalbar nanti,"

NGABANG, SP
- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Landak menggelar rapat anggota di Gedung DPRD, Rabu (29/8). Rapat itu digelar dalam rangka persiapan mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII tahun 2018 di Kota Pontianak.

Penjabat Sekda Landak, Alpius mengatakan, pemerintah daerah berharap KONI Landak terus menambah kemampuan atlet untuk meningkatkan peringkat dalam pelaksanaan Porprov Kalbar yang digelar November 2018.

"Paling tidak kita bisa masuk lima besar dalam pelaksanaan Porprov Kalbar tahun 2018. Target itu harus kita jawab pada Porprov Kalbar nanti," kata Alpius.

Namun untuk mencapai target itu, tentu harus memerlukan proses latihan maksimal. Demikian juga dengan rekrutmen atlet harus dari sedini mungkin sehingga potensinya dapat terlihat dan dikembangkan.

"Pola pembinaan juga harus benar dan maksimal. Tanpa bantuan dan kerja sama pelatih dengan atlet, tentu target itu akan sulit dicapai," harapnya.

Demikian juga dengan pelaksanaan latihan harus dilakukan secara intensif. "Saya rasa kita harus melakukan sejumlah persiapan menjelang Porprov Kalbar pada akhir tahun ini. Oleh karena itu, para atlet harus dilatih secara terus menerus," pintanya.

Pemkab Landak tetap antusias memberikan dukungan kepada KONI. Sebab, Bupati Landak disebut sangat konsen terhadap perkembangan dunia olahraga di Landak.

"Demikian juga dengan Ketua DPRD Landak yang juga sebagai Ketua KONI Landak, beliau juga termasuk ketua tim anggaran. Saya rasa beliau konsen untuk mengembangkan olahraga. Kuncinya, komunikasi yang baik antara Pemkab dengan KONI," harapnya.

Selain itu, dunia olahraga Landak tentu mampu berbicara di tingkat provinsi. Hal itu ditunjukan pada prestasi sepakbola yang berhasil keluar sebagai juara pertama dan berhak mewakili Kalbar di ajang nasional.

Dia menjelaskan, sepakbola usia 14 tahun, menjuarai Piala Menpora dan mewakili Kalbar ke Bali pada kompetisi tingkat nasional. Kemudian usia 17 tahun menjuarai Piala Suratin dan mewakili Kalbar tanding di Jakarta.

Ketua KONI Landak, Heri Saman mengatakan, rapat anggota yang dilakukan itu merupakan agenda tahunan dari KONI.

"Melalui rapat anggota ini, kita bisa duduk bersama untuk membicarakan visi kita dalam memajukan prestasi olahraga di Landak. Selain itu, ada juga sejumlah agenda kegiatan yang akan dilaksanakan oleh KONI," ujarnya.

Prestasi olahraga ditunjukkan pada cabang olahraga sepakbola yang sudah mencapai prestasi yang cukup membanggakan. "Potensi atlet memang ada, khususnya cabang sepakbola. Mudah-mudahan saat berkompetisi di tingkat nasional bisa memberikan prestasi membanggakan bagi Kalbar dan Landak," harapnya.

Menurut Ketua DPRD Landak ini, pada Porprov Kalbar ke XII tahun 2018 ini, KONI Landak akan melakukan persiapan sedini mungkin. Berbagai persiapan yang sudah dilakukan, diantaranya seleksi dan pembinaan atlet.

“Makanya dalam rapat anggota ini, hal tersebut akan kita bicarakan bersama, terutama persiapan kita menjelang Porprov Kalbar pada Nopember mendatang," ucapnya.

Untuk menghadapi Porprov, juga dibahas cabang olahraga unggulan yang akan diikutkan. "Dari tahun ke tahun, kita juga ingin melakukan perbaikan peringkat Porprov yang sudah kita dapat pada sebelumnya," katanya.

Ia menegaskan, dalam pembinaan cabang olahraga, tentunya diperlukan dukungan dari semua pihak, terutama masalah pendanaan. Sebab, hingga saat ini KONI masih menggantungkan harapan dana dari Pemkab.

“Tapi puji Tuhan, Ibu Bupati sangat peduli terhadap dunia olahraga Landak. Demikian juga dengan pihak dunia usaha, kita libatkan dalam pembinaan olahraga," jelasnya. (dvi/ang)

Terkendala Anggaran

Sekretaris KONI Kalbar, Kombes Pol (Purn) Suhadi Suwondo mengatakan, pelaksanaan Porprov Kalbar XII tahun 2018 akan dilaksanakan pada 17-24 Nopember mendatang. KONI Kalbar juga sudah melakukan berbagai persiapan.

"Awalnya, kegiatan Porprov akan dilaksanakan di Kabupaten Sintang. Namun dikarenakan pertimbangan anggaran yang tidak mencukupi. Akhirnya akan kita laksanakan di Kota Pontianak. Masalah anggaran ini menjadi kendala kita di lapangan," ujarnya.

Selain itu, sejumlah venue di Sintang juga tidak memadai. Akibatnya, ada sejumlah cabang olahraga yang harus dilaksanakan di luar Kabupaten Sintang.

"Kalau kita laksanakan Porprov di Sintang, tentu akan ada sejumlah permasalahan yang akan kita hadapi," katanya.

Ia berharap, mudah-mudahan ada anggaran tambahan dari Pemprov Kalbar dalam pelaksanaan Porprov tersebut. "Sebab, tanpa adanya dukungan dana yang memadai, kita tidak bisa melaksanakan Porprov Kalbar ini dengan maksimal," tutupnya. (dvi/ang)