Babi Berkeliaran di Mako, Kapolsek Sebangki Pusing

Landak

Editor Jindan Dibaca : 5230

Babi Berkeliaran di Mako, Kapolsek Sebangki Pusing
Anggota Polsek Sebangki saat menunjuk kawanan babi yang berkeliaran
SEBANGKI, SP - Masih berkeliarannya hewan ternak babi milik masyarakat di Dusun Setaik, Desa Sebangki, Kecamatan Sebangki, Kabupaten Landak, membuat pusing Kapolsek Sebangki Ipda Hertomo Endriyadi.

Sebab, setiap harinya baik pagi, siang dan sore bahkan malam hari, setidaknya puluhan ekor babi berkeliaran di halaman Mako Polsek Sebangki. Akibatnya, pondasi bangunan asrama dan Mako rusak dikarenakan kawanan babi itu mencari makan.

"Rendahnya kesadaran masyarakat sekitar Mako Polsek Sebangki menjadi penyebab utama berkeliarannya babi peliharaan mereka. Masyarakat peternak tidak mau membuat kandang ternaknya, sehingga babi peliharaannya berkeliaran mencari makan karena kelaparan," ujar Kapolsek, Rabu (5/9).

Menurut mantan Kapolsek Kuala Behe itu, berkeliarannya babi milik masyarakat tentu sangat mengganggu pemandangan. Terlebih jika ada masyarakat yang hendak berurusan ke Mapolsek Sebangki. 

"Menyikapi hal ini, saya berencana akan memanggil para pemilik babi serta Kades Sebangki untuk melakukan penertiban ternak babi di Dusun Setaik. Sebab, dengan berkeliarannya babi peliharaan warga itu bisa menimbulkan bahaya, baik terhadap pengguna motor maupun terhadap fisik bangunan rumah, " katanya.

Sementara itu, menurut keterangan warga setempat, Irusdiyanto mengatakan, dulunya pernah dilakukan rapat antara Kades dengan masyarakat pemilik hewan ternak babi. 

"Pada rapat itu disepakati jika masyarakat pemilik hewan ternak babi siap mengandangkan hewan peliharaannya itu. Akan tetapi kesepakatan itu hanya berjalan satu minggu saja. Setelah itu kembali lagi hewan ternak babi itu berkeliaran kemana-mana hingga saat ini, " jelasnya. (dvi)